Indonesia Galang Kekuatan Damaikan Saudi-Iran

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi

Pemerintah Indonesia merangkul negara-negara lain dalam menyelesaikan konflik Arab Saudi-Iran yang terus menghangat, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan telah menjalin komunikasi dengan menteriluar negeri Iran, Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Turki, dan Rusia untuk membicarakan masalah tersebut.

Retno juga melakukan kontak dengan Sekjen Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Iyad Ameen Madani. “Kami juga akan berkomunikasi dengan negara lainnya,” katanya kepada Republika, di kantor Kementerian Luar Negeri, Kamis (7/1).

Dalam pembicaraan dengan semua menteri luar negeri yang sudah dihubungi, jelas Retno, Indonesia menyampaikan kekhawatiran mengenai memburuknya hubungan Saudi dan Iran. Hal itu akan berpengaruh pada stabilitas di kawasan Timur Tengah. Retno menambahkan, Indonesia sedang mencari bentuk pertemuan yang bisa menyelesaikan secara damai perseteruan Saudi-Iran.

Namun, sejauh ini, Retno menilai situasinya belum kondusif. “Yang terpenting adalah komunikasi dengan negara-negara yang saya sebutkan,” ujarnya. Sebagai teman baik Saudi dan Iran, Indonesia menawarkan diri siap membantu bila ada hal yang dapat Indonesia lakukan untuk menjadikan suasana lebih baik. “Kita meminta kedua negara untuk menahan diri sehingga situasi tidak memburuk,” ujarnya.

(Republika/Mahdi-News/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Jumat, 08 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Indonesia Galang Kekuatan Damaikan Saudi-Iran. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/indonesia-galang-kekuatan-damaikan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS