Sejarah: Mantan Shah Iran (Shah Iran Mohammad Reza Pahlavi) Tewas di Pengasingan

Shah Iran Mohammad Reza Pahlavi membaca pidatonya saat dilantik. (Foto: the times.co.uk)

Mohammad Reza Pahlavi, mantan shah Iran tewas dalam pengasingan di Mesir pada 27 Juli 1980. Ia meninggal karena kanker. Mohammad Reza dinobatkan sebagai shah Iran pada 1941, setelah ayahnya dipaksa turun takhta oleh Inggris dan Soviet.

Mohammad Reza kemudian bersumpah untuk berkuasa seperti yang tertulis dalam konstitusi kerajaan, meski ia sering ikut campur dalam urusan pemerintahan terpilih.

Setelah rencana komunis untuk menjatuhkannya gagal pada 1949, ia mendapat lebih banyak kekuasaan. Namun pada awal 1950-an, shah mulai meredup digantikan oleh Mohammad Mosaddeq, seorang nasionalis Iran yang bersemangat meyakinkan DPR untuk menasionalisasi kepentingan minyak ekstensif Inggris di Iran.

Mohammad Reza yang memupuk hubungan dekat dengan Inggris dan AS menentang keputusan itu. Namun ia dipaksa menentukan Mosaddeq jadi perdana menteri pada 1951. Rezim Reza runtuh pada 1979 dan ia pergi dari Mesir.

Selama 14 hari kemudian, Ayatollah Khomeini kembali setelah 15 tahun pengasingan dan ia mengendalikan Iran. Shah pergi ke sejumlah negara sebelum masuk AS pada Oktober 1979 untuk perawatan kanker.

Pesawat yang menggunakan jet bernama De Havilland Comet. Pada 1949, mesin jet itu menjadi revolusi industri maskapai karena menghemat lebih banyak waktu, terbang lebih cepat dan lebih tinggi.

Jet Pertama Komersial di Dunia Mengudara

Pada hari ini 1949, jet pertama di dunia melakukan uji penerbangan di Inggris. Mesin jet itu menjadi revolusi industri maskapai karena menghemat lebih banyak waktu, terbang lebih cepat dan lebih tinggi.

Jet bernama De Havilland Comet itu dibuat oleh Sir Geoffrey de Havilland. Ia sudah mendesain berbagai kendaraan mulai dari motor, bus hingga kemudian pesawat setelah melihat desain Wilbur Wright.

Sejak perang, De Havilland fokus pada jet komersial. Ia mengembangkan mesin jet Comet dan Ghost. Pada awal 1980-an, sebagian besar Comet digunakan oleh maskapai komersial.

(The-Times/Republika/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 27 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Sejarah: Mantan Shah Iran (Shah Iran Mohammad Reza Pahlavi) Tewas di Pengasingan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/sejarah-mantan-shah-iran-shah-iran.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS