Masjid Ditutup, Muslimin Italia Gelar Demonstrasi


Warga muslim Italia menggelar demonstrasi untuk memprotes aksi penutupan masjid di Roma, Italia.

Dilansir Russia Al-Yawm, ratusan warga muslim Italia menggelar salat Jumat di depan bangunan kuno bersejarah Colosseum, Roma, Italia, dalam rangka memprotes aksi penutupan lima buah masjid di ibukota negara ini.

Menurut pengakuan salah satu penyelenggara demonstrasi, kelima masjid tersebut ditutup dengan dalih menentang peraturan administrasi. “Tentu, ini bukanlah alasan yang cukup untuk menutup masjid-masjid tersebut. Kami di sini menuntut supaya seluruh bentuk diskriminasi agama dimusnahkan,” tukasnya.

Para peserta demonstrasi menolak tuduhan-tuduhan terhadap para imam masjid bahwa mereka menyulut aksi-aksi radikal dan kekerasan di tempat-tempat ibadah.

Mereka juga mengecam aksi menyamakan Muslimin dengan kaum radikal.

Sejarah Islam di Italia bermula pada abad ke-9 ketika Sisilia dan beberapa wilayah di Semenanjung Italia menjadi bagian kekuasaan Muslimin antara tahun 828 (Penaklukan Muslim Sisilia). Pada tahun 1300 (kehancuran benteng pertahanan Islam terakhir di Lucera, Puglia), Islam hampir tidak ada lagi di Italia sejak zaman penggabungan negara pada tahun 1861 hingga tahun 1970-an, saat gelombang pertama imigran dari Afrika Utara mulai tiba. Bangsa tersebut, umumnya berasal dari bangsa Berber dan Arab, yang kebanyakan datang dari Maroko. Sebagian juga datang dari Albania, dan beberapa tahun kemudian, mereka juga diikuti oleh orang-orang Mesir, Tunisia, Senegal, Somalia, Pakistan dan lain-lain.

Saat ini, terdapat minimal 1.600.000 orang berkebangsaan Italia yang beragama Islam. Mereka merupakan orang asing yang menjadi warga negara Italia dan penduduk asli Italia yang memeluk Islam.

Islam tidak secara formal diperkenalkan oleh negara di Italia di samping menjadi kepercayaan terbesar kedua setelah Katolik. Kepercayaan lain termasuk Yahudi dan grup yang lebih kecil seperti Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah dan Gereja Advent Hari Ketujuh, telah disetujui oleh pemerintah Italia. Pengenalan resmi telah memberikan kepercayaan tersebut sebuah kesempatan menguntungkan dari "pajak agama" nasional yang dikenal sebagai delapan per seribu.

(RussiaAl-Yawm/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 22 Oktober 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Masjid Ditutup, Muslimin Italia Gelar Demonstrasi. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/10/masjid-ditutup-muslimin-italia-gelar.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS