Setelah Afghanistan, India dan Jepang Tertarik Investasi Dermaga Chabahar


Kawasan bebas Chabahar dengan luas 14 ribu hektar terletak di kawasan tenggara Iran dan berdampingan dengan Laut Oman.

Melalui jaringan transportasi darat dan udara, Chabahar menyambung di sisi utara dari Asia Tengah ke Afghanistan, dari sisi timur ke Pakistan, dan dari selatan ke Samudera India.

Akses langsung ke perairan bebas, posisi di luar Teluk Persia, dan jaminan aman ketika meletus sebuah krisis telah membuat kawasan Chabahar menjadi sebuah titik jembatan strategis antara negara-negara Asia Tengah dan seluruh negara dunia. Menurut pengakuan PBB, Chabahar merupakan salah satu koridor Timur-Barat yang paling penting.

Dengan posisi strategis tersebut, Chabahar merupakan posisi strategis Iran melakukan kerja sama dengan seluruh negara dunia. Setelah jalur rel kereta api Iran dibangun di kawasan ini, Chabahar bisa memainkan peran penting untuk transit barang-barang produk yang hendak diekspor-imporkan.

Pembangunan Dermaga Chabahar mengalami pasang surut lantaran dana yang tidak memadai. Setelah kesepakatan kerja sama trilateral antara Iran, India, dan Afghanistan, kini pembangunan infrastruktur dermaga transit ini melaku lebih cepat. Di samping kerja sama dengan Afghanistan dan India, Iran juga menyambut uluran tangan kerja sama Jepang dalam proyek ini.

Hal ini diakui oleh Abbas Akhundi, Menteri Transportasi dan Pembangunan Kota Iran. “Partisipasi Jepang dan India dalam proyek ini lebih mempercepat pembangunan Chabahar ini. Iran menyambut hangat kerja sama Tokyo dan New Delhi dalam proyek ini,” ujarnya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 22 Oktober 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Setelah Afghanistan, India dan Jepang Tertarik Investasi Dermaga Chabahar. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/10/setelah-afghanistan-india-dan-jepang.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS