Berbuat Baik Kepada Ayah dan Ibu Sebab Turunnya Rahmat Ilahi


Ya Rasulullah! Aku memiliki ayah yang sudah tua, dan aku harus menjaganya, lalu apa yang harus aku lakukan?, Rasulullah saww menjawab : “dahulukan dalam menjaga ayahmu, sungguh berbakti kepada kedua orang tua siang dan malam lebih baik dari jihad.”

Shabestan News Agency melaporkan dari Isfahan, kajian akhlaq yang dilangsungkan di madrasah ilmiah Makshumiyeh sa.

Salah seorang pengajar di madrasah tersebut mengatakan, salah satu sebab turunnya rahmat ilahi ialah berbuat baik kepada ayah dan ibu, khususnya kepada ibu. Dan mengenai perintah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua disebutkan dalam 5 tempat di dalam Al-Qur’an, yaitu dalam surat Al-baqarah, An-Nisa, Al-Isra, Al-an’am dan Luqman.

Dalam surat Al-Isra dijelaskan bahwa janganlah kalian berkata “Ahh” kepada ayah dan ibu kalian, juga diperintahkan untuk tunduk dan patuh di hadapan ayah dan ibu, dan kita juga harus mengajari anak-anak kita untuk bisa berbuat baik dan hormat kepada ayah dan ibu.

Salah satu ulama besar kita, yaitu Ayatullah Bahjat ra dalam kehidupannya beliau sangat berbakti dan taat kepada kedua orang tuanya, dikisahkan bahwa suatu hari ayah beliau melarangnya untuk melakukan puasa sunah, kemudian tanpa banyak bertanya Ayatullah Bahjat ra pun mentaatinya.

Berbakti kepada ayah dan ibu jauh lebih baik dari pada berjihad di jalan Allah swt, sebagaimana kisah yang terjadi di zaman Rasulullah saww, saat itu datang perintah jihad, kemudian seorang pemuda mendatangi Rasulullah saww dan berkata : ya Rasulullah! Aku memiliki ayah yang sudah tua, dan aku harus menjaganya, lalu apa yang harus aku lakukan?, Rasulullah saww menjawab : “dahuluilah dalam menjaga ayahmu, sungguh berbakti kepada kedua orang tua siang dan malam lebih baik dari jihad.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 23 November 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Berbuat Baik Kepada Ayah dan Ibu Sebab Turunnya Rahmat Ilahi. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/11/berbuat-baik-kepada-ayah-dan-ibu-sebab.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS