Musyawarah dan Tawakal kepada Allah, Sangat Ditekankan Dalam Islam


“Amarah, terburu-buru, tidak bermusyawarah, tidak menjaga lidah dan memutus silaturahmi, semua ini adalah sebab penyesalan di hari kiamat.”

Shabestan News Agency melaporkan dari Isfahan, Pengajar akhlaq dan muballigh di hauzah ilmiah, Hujjatul Islam Murtadha Panah, di hadapan para pelajar agama dan pangajar-pengajar madrasah ilmiah Fathimah Az-Zahra sa, beliau mengatakan bahwa bulan Shafar merupakan bulan kesedihan dan kegundahan, karena hari wafatnya Rasulullah saww tepat di bulan ini, dan salah satu perbuatan sunah yang memiliki keutamaan luar biasa ialah shalat di awal bulan ini.

Sebagaimana yang diucapkan Imam Ali as dalam sebuah haditsnya bahwasanya ada 5 hal yang akan menajdi sebab penyesalan di hari kiamat, dimana beliau as mengatakan “amarah, terburu-buru, tidak bermusyawarah, tidak menjaga lidah dan memutus silaturahmi, semua ini adalah sebab penyesalan di hari kiamat.”

Hujjatul Islam Murtadha Panah lebih lanjut menuturkan, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat bahwa jika manusia menerapkan 3 hal dalam kehidupannya maka ia tidak akan pernah menyesal, 3 hal itu adalah meninggalkan ketergesa-gesaan, bermusyawarah dengan orang lain dalam menyelesaikan suatu perkara, dan tawakal kepada Allah swt.

Dalam hadits juga disebutkan bahwa ada 3 orang yang jika tidak ada di dunia ini maka lebih baik, yang pertama ialah orang-orang bakhil, yang kedua ialah orang yang tidak bermusyawarah, dan yang terakhir ialah hakim yang zhalim.

Setiap orang yang berakal pasti sebelum melakukannya ia akan berfikir dengan baik, dan kemudian melakukan musyawarah dengan orang lain dan setelah itu bertawakal kepada Allah swt.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 23 November 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Musyawarah dan Tawakal kepada Allah, Sangat Ditekankan Dalam Islam. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/11/musyawarah-dan-tawakal-kepada-allah.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS