Paradigma Baru Dunia; Iran, Rusia, dan Cina


Setelah pencabutan embargo ilegal Barat, Iran sekarang tampil di bidang ekonomi dan politik seperti sebuah tenaga muda.

Tertebar harapan, setelah 5 tahun mendatang, Iran bisa mengesampingkan seluruh stagnansi yang terwujud akibat embargo ilegal Barat dan bisa memulai sebuah babak baru di bidang ekonomi dan politik.

Dalam kondisi ini, bagaimanakah hubungan Iran dengan dunia Timur bisa didefinsikan kembali? Setelah tekonologi Eropa memasuki pasar Iran, apakah Cina masih memiliki tempat?

Pada periode stagnansi, selama 16 tahun tak satu pun kunjungan terselenggara antara Iran dan negara-negara Eropa. Akan tetapi, selama periode ini, kepala negara Iran selalu menggelar pertemuan di berbagai momen dengan kepala negara Rusia dan Cina.

Perlu dicamkan bersama, kehadiran Iran di ranah ekonomi dan politik baru bisa membantu Tehran untuk menjadi anggota di lembaga-lembaga dunia seperti Perjanjian Shanghai. Perjanjian Shanghai adalah satu-satunya lembaga dunia yang Iran ingin menjadi anggota. Keanggotaan Iran ini busa merubah pondasi ekonomi dan keamanan di kawasan Timur Tengah Arab dan bahkan selain Arab.

(Sputnik/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Jumat, 29 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Paradigma Baru Dunia; Iran, Rusia, dan Cina. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/paradigma-baru-dunia-iran-rusia-dan-cina.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS