Misteri Senyum Monalisa Terbongkar


Senyum khas lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci telah berhasil menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia. Namun tahukah Anda jika senyuman tersebut masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Tanda tanya akan arti dari senyuman Monalisa membuat para seniman dari Sheffield Hallam University tertarik untuk memecahkan misteri yang tersimpan di dalamnya.

Guna mengungkap arti senyum Monalisa, peneliti melakukan pengujian terhadap lukisan La Bella Principessa yang pernah dibuat oleh sang master Renaissance sebelum Monalisa. Hasilnya, peneliti mengaku telah menemukan misteri dari ilusi optic yang dibuat ala senyum Monalisa.

Sebuah lukisan dari sudut pandang bagian samping karya Leonardo telah membantu dalam memecahkan misteri tersebut. Para ahli berpendapat bahwa percampuran warna untuk mengeksploitasi visi perifer, bentuk mulut dan subjek, berhasil membentuk perspektif yang sangat tajam.

Pada bagian samping lukisan, jika dilihat dari beberapa sudut juga menimbulkan ilusi optic seperti senyum Monalisa. Teknik ini disebut dengan sfumato.

“Sebagian senyuman itu akan menghilang jika dilihat dari sudut yang tidak tepat. Kami menamakan ilusi optic dari senyuman Monalisa dengan istilah 'uncatchable smile’,” kata Alessandro Soranzo dan Michelle Newberry dikutip dari Daily Mail (20/8).

Lukisan Monalisa dibuat oleh Leonardo da Vinci pada pertengahan abad ke-15. Selain senyuman, model dari lukisan Monalisa sampai saat ini juga masih menjadi misteri.

(Daily-Mail/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Jumat, 08 Juli 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Misteri Senyum Monalisa Terbongkar. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/07/misteri-senyum-monalisa-terbongkar.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS