Kenalilah 5 al-Quran Tulisan Tangan Kuno


Ada banyak naskah-naskah Al-Quran tulisan tangan di pelbagai kawasan dunia, namun lima naskah khat kuno kitab Ilahi ini kekunoannya kembali pada tahun-tahun pertama era permulaan Islam.

Menurut laporan IQNA seperti dikutip dari Al-Ain, Al-Quran merupakan kitab yang diminati kaum muslim dan para non muslim melebihi kitab-kitab lainnya. Al-Quran sebuah kitab yang lafaz-lafaznya tetap terjaga sebagaimana yang ada sebelumnya, makna-maknanya ditafsirkan dan seni Islam merefleksikan dalam penulisan dan desainnya.

Demikian juga, para ulama muslim menulis riset dan penelitian-penelitian mendetail dan komprehensif dalam pelbagai ranah ilmu-ilmu Al-Quran dan menyajikan tulisan-tulisan bernilai dalam kancah tafsir, qiraat, wakaf dan ibda’, keutamaan dan adab tilawah Al-Quran, hukum-hukum Al-Quran, nasikh dan mansukh, asbab nuzul, keajaiban Al-Quran dan kisah-kisahnya.

Di tengah-tengah ini, ada 5 naskah khat dan tulisan tangan Al-Quran yang sangat kuno dan kekunoannya kembali pada tahun-tahun pertama penanggalan hijriah.


Naskah Khat Kota Dhale, Yaman


Kekunoan naskah khat Al-Quran ini yang ditemukan di goa pegunungan kota Dhale Yaman oleh seorang pemuda Yaman, kembali pada tahun 200 Hijriah dan memiliki kekunoan sekitar 1236 tahun.

Di halaman pertama naksah ini ditulis bahwa Al-Quran tersebut ditulis pada tahun 200 Hijriah dan hal ini menunjukkan bahwa naskah Al-Quran ini termasuk salah satu naskah Al-Quran tertua yang ditemukan sampai sekarang ini.


Naskah khat Al-Quran propinsi Baden-Württemberg Jerman


Naskah khat Al-Quran propinsi Baden-Württemberg Jerman terkait abad ketujuh Masehi, yang ditemukan di perpustakaan universitas propinsi ini.

Perpustakaan Baden-Württemberg tahun 1864 Masehi membeli koleksi buku-buku pribadi seorang diplomat Jerman, dan diantara buku-buku yang dibeli tersebut terdapat naskah kuno Al-Quran ini. Naskah ini memiliki kekunoan 1366 tahun.


Naskah Khat Al-Quran Andalusia di Thailand


Naskah kuno Andalusia ini, yang sekarang disimpan di kota Narathiwat, yang terletak di selatan Thailand milik Abdurrahman al-Ghafiqi, pemimpin Andalusia dan termasuk salah satu pemimpin militer terkemuka Andalusia pada tahun 732 Masehi.

Naskah ini memiliki orisinilitas Andalusia (sebagian dari Spanyol sekarang) dan sekarang ini disimpan di Thailand.


Naskah Khat Al-Quran Masjid Jami’ Yaman


Naskah khat Al-Quran ini populer dengan naskah masjid jami’ kota Sana’a, ibukota Yaman dan ditemukan saat perenovasian dan perbaikan masjid, yang rusak akibat banjir. Naskah ini memiliki kekunoan 1344 tahun.


Naskah Khat Universitas Birmingham, Inggris


Naskah ini merupakan naskah Al-Quran tertua dunia, yang memiliki kekunoan 1370 tahun dan baru-baru ini ditemukan di perpustakaan universitas Birmingham Inggris.

Para pakar naskah khat menisbatkan naskah Al-Quran tulisan tangan ini kepada salah satu sahabat Rasulullah (Saw) dan atau generasi pertama Tabi’in.

Naskah khat Al-Quran ini terdiri dari lembaran surah 18-20 Al-Quran, yang ditulis dengan khat Hijazi, sebagai salah satu khat tertua Arab.

(IQNA/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 11 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Kenalilah 5 al-Quran Tulisan Tangan Kuno. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/kenalilah-5-al-quran-tulisan-tangan-kuno.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS