Mantan Emir Qatar Wafat

Qatar menetapkan berkabung tiga hari hingga Rabu.

Mantan Emir Qatar Syekh Khalifah bin Hamad ats-Tsani wafat pada 23 Oktober 2016. (Foto: Al-Arabiya)

Mantan Emir Qatar Syekh Khalifah bin Hamad ats-Tsani wafat kemarin dalam usia 84 tahun. Namun pihak istana tidak menjelaskan penyebab dari meninggalnya penguasa Qatar pada 1972-1995 itu.

Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad ats-Tsani mengumumkan tiga hari berkabung, Senin hingga Rabu, atas meninggalnya kakeknya itu. Bendera setengah tiang dikibarkan di semua gedung pemerintahan dam beragam tempat. Pemakaman Syekh Khalifah bin Hamad akan dilakukan hari ini selepas salat asar di Masjid Agung Negara di Ibu Kota Doha.

Pemerintah Indonesia melalui duta besarnya di Doha, Muhammad Basri Sidehabi, telah menyampaikan ucapan duka kepada keluarga dan rakyat Qatar. "Insya Allah jam 14.30 (hari ini), saya akan ikut salat jenazah di Masjid Agung Doha," katanya kepada Albalad.co melalui WhatsApp.

Kekuasaan Syekh Khalifah berakhir lewat kudeta tak berdarah dilakoni putranya, Menteri Pertahanan Syekh Hamad bin Khalifah, pada 1995. Ketika takhta diambil alih, Syekh Khalifah sedang berlibur di Swiss. Syekh Hamad menyerahkan takhta kepada putranya, Syekh Tamim, pada 2013.

Meski bersumpah akan mengambil alih lagi kekuasaan, Syekh Khalifah baru kembali ke Qatar pada 2004.

Syekh Khalifah menjadi emir pada 1972, menggantikan sepupunya, setahun setelah Qatar memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

(Al-Arabiya/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 24 Oktober 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Mantan Emir Qatar Wafat. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/10/mantan-emir-qatar-wafat.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS