Setelah 25 Tahun, Arab Saudi Akhirnya Ngutang

Ilustrasi minyak mentah. (Foto: Reuters)

Gagalnya pertemuan para anggota OPEC dan non-OPEC akhir pekan kemarin nampaknya berbuntut panjang bagi Arab Saudi. Lantaran terus melemahnya harga minyak mentah, Arab Saudi akhirnya harus menarik utang di bank.

Arab Saudi berencana meminjam USD10 miliar dari konsorsium bank global. Arab Saudi akhirnya melakukan penerbitan utang internasional pertama, setelah 25 tahun tidak pernah mengambil utang, lantaran pendapatan Arab yang merosot akibat banjir pasokan yang terjadi.

Pinjaman dengan tenor lima tahun ini, menjadi sinyal ketergantungan Riyadh pada modal asing, dan membuka harapan bahwa Arab Saudi akan meluncurkan obligasi internasional pertamanya. Kejatuhan dalam harga minyak mentah pun diperkirakan akan mendorong pemerintah Teluk lainnya, seperti Abu Dhabi, Qatar dan Oman, untuk memasuki pasar obligasi internasional.

Banyak perbankan, terutama dari bank-bank Asia, yang menyatakan minatnya untuk memberikan pinjaman meskipun Peringkat kredit Arab Saudi dipangkas oleh lembaga rating karena pelemahan harga minyak. Pemerintah Arab pun menaikkan pinjaman dari USD6-USD8 miliar menjadi USD10 miliar, setelah mengalami oversubscribed.

"Kesepakatan ini sangat sukses, dengan harga yang sangat kompetitif. Selera pasar sangat besar," kata wakil manajer di Bank of Tokyo-Mitsubishi, Elyas Algaseer, seperti dilansir dari CNBC, Rabu (20/4/2016).

"Utang adalah cara bagi Arab Saudi untuk menguji pasar dan mengatur profil pinjaman internasional. Hal ini membuka jalan bagi kerajaan untuk mengubah dari negara kreditor menjadi bangsa debitur. Ini adalah perubahan yang signifikan dari pasar obligasi," tambah kepala strategi investasi di BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, Ewen Cameron Watt.

Strategi meningkatkan utang luar negeri bertujuan untuk memperlambat penarikan cadangan devisa dan mengurangi tekanan pada bank-bank lokal, yang telah mendukung perusahaan terkait negara dan membeli obligasi dalam negeri Saudi selama hampir satu tahun.

Pinjaman ini penerbitan utang Arab Saudi internasional pertama sejak tahun 1991, ketika mengangkat sekitar USD1 miliar dalam setelah invasi Irak ke Kuwait.

(CNBC/Reuters/Oke-Zone/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 31 Oktober 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Setelah 25 Tahun, Arab Saudi Akhirnya Ngutang. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/10/setelah-25-tahun-arab-saudi-akhirnya.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS