"Yang Sembelih Ratusan Ribu PKI itu Islam Arab atau Islam Nusantara?"

Joko Widodo (Foto: istimewa)

Pertanyaan menggelitik dilontarkan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Lalu Suryade, menanggapi polemik berkepanjangan istilah “Islam Nusantara”.

“Pada 1965-1966, yang melakukan aksi penyembelihan terhadap ratusan ribu kader/simpatisan PKI itu Islam Arab atau Islam Nusantara?” tulis Lalu Suryade di akun Twitter @suryadelalu.

Lalu Suryade pun menegaskan bahwa Islam tidak bernama atas dasar batas-batas wilayah. “Adanya Mazhab-mazhab dalam Islam didasari pemikiran/pemahaman tertentu dalam bimbingan ulama besar. Islam tak bernama atas dasar batas-batas wilayah.. :D” kicau @suryadelalu.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa “Islam Nusantara” merupakan nilai atau ajaran-ajaran Islam yang diimplementasikan di bumi Nusantara. Sehingga, ketika nilai-nilai Islam tersebut diimplementasikan di ranah lokal, maka menunjukan kekhasannya.

“Bagaimana nilai-nilai Islam ini terkait dengan penyikapan terhadap perempuan, misalnya. Yang tidak sama jika diterapkan di wilayah lain. Bagaimana nilai-nilai islam menyikapi perbedaan yang ada. Bahkan terhadap perbedaan yang bisa masuk kategori akidah lalu kemudian mengusik atau merampas hak-hak mereka,” ungkap Lukman (07/07).

Kata Lukman, istilah Islam Nusantara juga dikenal dengan Islam moderat yang penuh toleransi, Islam yang bisa hidup dalam keberagaman, Islam yang menjunjung tinggi hak-hak perempuan, hak azasi manusia, dan lain sebagainya.

(Intelijen/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 31 Oktober 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul "Yang Sembelih Ratusan Ribu PKI itu Islam Arab atau Islam Nusantara?". Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/10/yang-sembelih-ratusan-ribu-pki-itu.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS