Mahasiswa Islam Mesti Kritis Terhadap Problem Kebangsaan

Dr. Asep Salahudin

Salahsatu pandangan kritis muncul dari Diskusi “Apa itu Civic-Islam” di Universitas Islam Negeri Bandung, Jumat 27 Pebruari 2015 lalu. Dr. Asep Salahudin, peneliti Lakspesdam Jawa Barat di hadapan puluhan mahasiswa Himpunan Mahasiswa Jurusan Syariah UIN SGD Bandung itu menyatakan bahwa saat ini mahasiswa perlu konsentrasi memikirkan kelemahan mendasar dari umat Islam yang kurang memiliki pemahaman tentang hakikat hidup berbangsa dan bernegara melalui pandangan kewargaan.

Dalam pandangan studi kewargaan ala civic-Islam, umat Islam selalu gagal dalam urusan kenegaraan karena lebih mengedepankan simbol-simbol keagamaan dan lupa akan substansi perjuangan hakiki Islam, yakni memperjuangkan umat, terutama kelompok masyarakat lapisan bawah.

“Ketika sudah berbicara “Indonesia” maka segenap ihwal pra politik etnik, agama, dan seterusnya harus ditanggalkan dan lebih berpikir pada substansi perjuangan. Menanggalkan identitas, misalnya identitas Islam itu bukan berarti meninggalkan Islam, tetapi supaya lebih berfokus pada upaya perwujudan Islam yang sejati dalam arena politik yang dijalankan,” jelasnya.

Dengan memandang realitas gagalnya Islam-Politik dan kemandulan demokrasi saat ini, Salahudin berharap mahasiswa-mahasiswa bersikap kritis terhadap realitas politik Indonesia saat ini. Menurutnya, kebangsaan Indonesia, meliputi tanah air, bangsa dan bahasa, bukan bertaut dengan sentimentalisme agama, etnik dan sentimen sempit lainnya.

“Tanpa harus melakukan formalisasi agama, puritanisasi etnisitas, justru kita akan masuk dalam jantung penghayatan keagamaan yang subtil. Sejarah sumpah pemuda misalnya, memakai agama sebagai “daya keyakinan”, bukan sebagai identitas untuk melakukan perlawanan terhadap kaum penindas/kolonial. Surat Al-maun di tangan Ahmad Dahlan menjadi teks yang menyadarkan pentingnya trasformasi ekonomi, tradisi di tangah KH Hasyim Asyari benar-benar bisa dipadupadankan dengan kekuatan kultur lokal dan pada saat yang sama tidak menghilangkan sikap kritis kepada Hindia-Belanda,” terangnya.

Berpihak pada semangat kebangsaan tersebut, Salahudin menilai, saat ini mahasiswa muslim yang berada di pergerakan seperti HMI, PMII, KAMMI, KMNU dan lain sebagainya perlu memiliki paradigma yang konkret dan realistis terkait realitas Indonesia saat ini dengan beberapa hal penting.

“Pertama, Mahasiswa harus punya hubungan sinergis dengan warga sebagai basis perjuangan. Kedua, menumbuhkan spirit intelektualisme dan keberagamaan dengan kesadaran permasalahan territorial tetapi berpijak pada ke-Indonesiaan dan Ke-Islaman yang universal. Ketiga, melihat multikulturalisme kewargaan sebagai realitas harian yang harus disikapi secara lapang, kritis terhadap problem-problem kehidupan dari arus liberalisme, neo-liberalisme, konservatisme, dan radikalisme agama untuk dicarikan jawabannya, ke-empat, kritis menyikapi politik khilafah, wahabisme dan yang sehaluan dengan itu karena memang tidak mencerminkan sikap politik Islam sejati dan a historis, bahkan sekadar menampakkan kebuntuan akal sehat, dan kelima, mahasiswa juga harus kritis pada soal ruang publik agar warga Indonesia tetap memiliki semangat hidup yang sehat dengan agena partisipasi dan delibrasi,” jelasnya.(Makmun Yusuf)

(Satu-Islam/Berbagai-Sumber-lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 01 Mei 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Mahasiswa Islam Mesti Kritis Terhadap Problem Kebangsaan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/05/mahasiswa-islam-mesti-kritis-terhadap.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS