Berdamai di Hummus Bar (Penyatuan Arab dan Yahudi/Israel)

"Jika ada yang bisa menyatukan Arab dan Yahudi, hummus jawabannya," kata manajer Hummus Bar.

Pengunjung restoran Hummus Bar di Kota Netanya, Israel. (Foto: Hummus Bar/Israel)

Ketika saling benci dan curiga menyelimuti wilayah Yerusalem Timur dan Tepi Barat, masih ada pihak yakin orang Israel dan Palestina bisa duduk, mengobrol, dan makan bareng.

Sejak awal bulan ini bentrokan antara warga Palestina dengan para pemukim Yahudi atau tentara Israel berlangsung saban hari. Pemimpin Hamas Ismail Haniyah sudah mengumumkan intifadah ketiga telah bergulir. Akibatnya sejauh ini 52 orang Palestina tewas dan 12 warga Israel terbunuh.

Namun pengelola restoran bernama Hummus Bar berani memberi potongan setengah harga bagi orang Yahudi dan Palestina makan bareng semeja. Rumah makan ini terletak di Kota Netanya, berjarak 30 kilometer sebelah utara Ibu Kota Tel Aviv.

Tidak ada orang Arab menghuni kota ini. Sesuai sensus tahun lalu, 99,9 persen dari 202.428 penduduk Netanya adalah warga Yahudi dan sisanya orang non-Arab.

Program makan bareng Yahudi-Arab ini diiklankan dalam bahasa Ibrani lewat Facebook 13 Oktober lalu. "Takut terhadap orang Arab? Cemas atas orang Yahudi? Kami tidak punya orang Arab! Tapi kami juga tidak ada orang Yahudi...Kami cuma punya manusia!"

Kobi Tzafrir, Manajer Hummus Bar, bilang sejak iklan itu diluncurkan, sudah beberapa kali ada tamu Arab dan Yahudi makan bersama semeja. Menu di restoran ini juga halal menurut ajaran Islam dan Yahudi. "Jika ada yang bisa menyatukan Arab dan Yahudi, hummus jawabannya," katanya kepada surat kabar the Times of Israel.

Masih ada damai di Hummus Bar.

(The-Telegraph/The-Times-Of-Israel/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 01 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Berdamai di Hummus Bar (Penyatuan Arab dan Yahudi/Israel). Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/berdamai-di-hummus-bar-penyatuan-arab.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS