Al-Qur'an Melukiskan Tujuan Penciptaan Manusia


Pertanyaan:

Bagaimanakah Al-Qur'an melukiskan tujuan penciptaan manusia?


Jawaban:

Menurut Al-Qur'an, alam semesta tidak diciptakan sia-sia; bahkan tiap-tiap bagian dan elemennya diciptakan untuk tujuan tertentu. Banyak sekali ayat Al-Qur'an yang menyinggung persoalan tentang tujuan penciptaan alam dan manusia, antara lain:

Artinya: "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang adalah tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal pemikiran, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah dalam keadaan berdiri, duduk, berbaring dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), 'Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau maka hindarkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Alu Imran [3]: 190 – 191).

Dua ayat ini mendesak manusia untuk berpikir dan mengingatkannya bahwa observasi tanpa pemikiran tidaklah mampu mengantarkan dia kepada maksud.

Di ayat lain Allah swt. berfirman:
Artinya: "Tuhan kami ialah yang memberi kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, kemudian Dia memberi petunjuk." (QS. Thaha [20]: 50).

Ada dua pokok penting di dalam ayat ini dan ayat-ayat yang serupa dengannya; yang pertama adalah Allah swt. memberikan apa saja yang dibutuhkan secara primer kepada tiap-tiap sesuatu, dan yang kedua adalah segala sesuatu telah diberi petunjuk oleh Allah swt. sekiranya ia menggunakan seluruh potensinya untuk melestarikan hidup dan mencapai puncak tujuan yang semestinya.


Tujuan manusia diciptakanAl-Qur'an secara khusus mensinyalir tujuan dari penciptaan manusia:
Artinya: "Apa kalian mengira bahwa sessungguhnya Kami menciptakan kalian sia-sia dan kalian tidak akan dikembalikan kepada Kami lagi." (QS. Al-Mukminun [23]: 115).

Artinya: "Apakah manusia mengira bahwa dia akan ditinggalkan begitu saja." (QS. Al-Qiyamah [75]: 36).
Ayat ini menunjukkan beberapa hal:
1- Manusia tidak diciptakan secara sia-sia, melainkan dengan tujuan tertentu.
2- Manusia tidak dilepaskan begitu saja, melainkan dia diberi petunjuk, dituntun dan senantiasa diawasi.
3- Tujuan akhir dari penciptaan manusia adalah sumber keberadaan dia sendiri, yaitu Tuhan alam semesta.
Sebagian ayat Al-Qur'an mengungkapkan rahasia penciptaan secara lebih detil dan terperinci, antara lain:


1- Ilmu dan makrifat.

Artinya: "Allah-lah yang telah menciptakan tujuh langit dan bumi seperti itu pula. Perintah Allah berlaku padanya supaya kalian ketahui bahwa Allah itu Mahakuasa atas tiap-tiap sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya meliputi segala sesuatu." (QS. Ath-Thalaq [65]: 12).

Ayat ini menyebutkan kesadaran manusia akan ilmu dan kekuasaan Tuhan yang tidak terbatas (yakni, makrifat tentang Tuhan yang akan membentuk dimensi ilmu kesempurnaan manusia) sebagai tujuan dari penciptaan.


2- Ujian.

Artinya: "Yang menciptakan kematian dan kehidupan supaya Dia menguji kalian siapakah yang lebih di antara kalian amalnya? Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." (QS. Al-Mulk [67]: 2).
Maksud dari ujian Tuhan bukanlah penyingkapan rahasia-rahasia yang tersembunyi, melainkan adalah menyediakan sarana dan prasarana untuk mengembangkan potensi-potensi serta mengantarkannya kepada realitas. Hal itu karena manusia adalah makhluk yang berikhtiar dan kesempurnaan dia bersifat pilihan intensional. Tuhan menguji manusia dengan menyediakan semua syarat dan prasyarat untuk memilih jalan yang baik atau buruk baginya, agar dengan itu potensi-potensi dirinya terealisasikan dan dia dapat memilih jalan yang benar.


3- Ibadah.

Artinya: "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahku." (QS. Adz-Dzariyat [51]: 56).

Berdasarkan ayat ini, tujuan utama penciptaan manusia adalah ibadah kepada Allah swt., dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan:

1- Menurut pandangan dunia Al-Qur'an, setiap gerakan dan perbuatan positif yang dilakukan dengan niat mendekatkan diri kepada Allah swt. adalah ibadah. Ibadah tidak terbatas pada ritual-ritual khusus seperti doa dan munajat. Seluruh aktifitas ilmiah, ekonom, politik, sosial dan lain-lain apabila seirama dengan sistem norma dan bermotivasi Ilahi adalah ibadah, untuk itu manusia bisa senantiasa beraroma Ilahi, menyempurnakan diri dan mendekatkannya kepada Allah swt. dalam segala keadaan, seperti makan, minum, tidur, mati dan hidup:

Artinya: "Katakanlah, 'sesungguhnya shalatku, manasikku, hidup dan matiku (hanyalah) untuk Allah Tuhan semesta alam." (QS. Al-An'am [6]: 162).

Namun, perlu digarisbawahi juga bahwa ibadah dalam terminologinya yang khusus; yakni ritual-ritual dan manasik tertentu seperti shalat, mempunyai kedudukan yang sangat istimewa dan penting.

2- Urgensitas perhatian terhadap filsafat ibadah tinggi sekali. Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as. berkata, 'Sungguh Allah swt. telah menciptakan makhluk-makhluk-Nya padahal Dia tidak butuh kepada ketaatan mereka dan tidak rugi karena kedurhakaan mereka; karena memang kedurhakaan para pendosa sama sekali tidak membahayakan Dia, dan sebaliknya ketaatan orang-orang yang patuh sama sekali tidak memberi keuntungan kepada-Nya.' (Nahj Al-Balâghoh)

Ibadah memiliki dampak-dampak yang positif bagi kehidupan manusia, baik di alam sini maupun sana (Syahid Mutahhari: Yoddosytho, jld. 6), hikmah-hikmah ibadah antara lain adalah: tuntutan fitrah, jalan menuju penyingkapan diri dan kebebasannya dari kehampaan, terbang ke angkasa metafisik dan meninggalkan sangkar fisik, mencapai keyakinan, kemenangan ruh atas badan, kesehatan dan ketenangan jiwa, kekuasaan atas diri dan potensi-potensinya, pendekatan diri kepada Tuhan, basis etika, keimanan, undang-undang dan sosial, pembinaan naluri cinta kebaikan, pembangunan, pendidikan, dan lain sebagainya. (Hamid Reza Syakirin: Din Syenosi wa Feraq wa Madzoheb).


4- Rahmat Ilahi.

Artinya: "Dan jika Tuhanmu menghendaki, niscaya Dia menjadikan manusia satu umat, tetapi mereka senantiasa berselisih. Kecuali orang-orang yang memperoleh rahmat dari Tuhanmu dan untuk itulah Allah menciptakan mereka." (QS. Hud [11]: 118 – 119).

Jika diteliti lebih dalam, tujuan-tujuan itu tidak saling bertentangan, sebagian darinya merupakan tujuan pengantar bagi tujuan yang selanjutnya, yakni ada tujuan awal, tujuan pertengahan, dan tujuan akhir.
Oleh karena itu, berdasarkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut, tujuan diciptakannya manusia adalah pengejawantahan rahmat Ilahi dan menetapkan manusia di arah kesempurnaan dan kebahagiaan yang abadi, dan hal itu hanya bisa dicapai dengan pilihan intensional dia sendiri terhadap jalan yang terbaik dan menempuh cara ibadah kepada-Nya.

Penerjemah: Nasir Dimyati (Dewan Penerjemah)

(Sadeqin/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 10 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Al-Qur'an Melukiskan Tujuan Penciptaan Manusia. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/al-quran-melukiskan-tujuan-penciptaan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS