Rahasia Gelar Aqilah Bani Hasyim Milik Sayyidah Zainab as


Sayyidah Zainab as memiliki beberapa Gelar, ia pantas menyandang gelar-gelarnya, ia memiliki sifat-sifat yang luar biasa oleh karenanya jika ia bukanlah wanita yang terhormat maka ia tidak akan mendapat gelar-gelar yang tinggi.

Mengenai gelar-gelar yang dimiliki Srikandi Karbala Zainab Al-Kubra ini bisa dibilang di antara keluarganya dan di rumahnya ia merupakan wanita yang mulia dan terhormat. Kemuliaan dan kebesarannya di kalangan manusia sudah tidak asing lagi. Sayyidah Zainab as juga digelari aqilah bani hasyim, aqilah Al-Thalibin, Aqilah Al-Quraisy dan aqilah al-nisaa, gelar-gelar ini tertulis dengan jelas di sumber-sumber sejarah baik milik Syiah maupun Sunni.

Gelar Aqilah diberikan kepadanya sebelum peristiwa karbala, karena mengisyaratkan tentang kesempurnaan akal beliau, jika ia bukan seorang Aqilah maka bagaimana ia bisa menghadapi semua peristiwa-peristiwa pasca wafatnya Rasulullah saaw.

Sebagaimana Ibnu Abbas ketika ingin mengutip hadist darinya ia mengatakan, “Telah mengatakan kepadaku aqilah kita yaitu Zainab.” Begitu juga setelah peristiwa karbala ketika ia di bawa ke istana Yazid ibn Muawiyah dimana sayyidah zainab kala itu menyampaikan khotbahnya yang membuat Yazid memerah dan mencengangkan semua yang hadir, jika bukan seorang aqilah maka tidak akan bisa melakukannya.

Allamah Qazwini ketika menjelaskan gelar aqilah dalam kitabnya yang berjudul “Zainab Minal Mahdi Ilal Lahdi” menuliskan, “Kesempurnaan akal dan kearifan yang dimilikinya yang membuat ia ikut serta dalam peristiwa karbala dan melindungi nyawa Imam Zainul ‘Abidin as dari kematian, dan membuat guncang istana Yazid dan membuat kebangkitan Husaini tetap hidup hingga saat ini.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 10 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Rahasia Gelar Aqilah Bani Hasyim Milik Sayyidah Zainab as. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/rahasia-gelar-aqilah-bani-hasyim-milik.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS