Dimana Imam Mahdi Afs Tinggal?


Tidak diketahuinya tempat tinggal Imam Zaman afs pada masa ghaib kubra sehingga terjadi spekulasi lemah dan menyesatkan pada sebagian orang.

Banyak riwayat yang menjelaskan tentang tempat tinggal Imam Zaman afs, namun riwayat tentang hal ini terbagi menjadi dua masa, yaitu masa ghaib sughra dan kubra

Ghaib sughra ialah masa dimana Imam Mahdi afs tersembunyi kehidupannya dari khalayak, namun dalam waktu yang tidak terlalu lama yang menurut pendapat masyhur ghaib sughra dimulai sejak syahidnya Imam Askari as pada tahun 260-329 HQ.

Imam Shadiq as mengenai hal ini bersabda : “Imam Mahdi afs memiliki dua kali masa ghaib, yaitu ghaib sughra dan ghaib kubra, adapun ghaib sughra hanya syi’ah-syi’ah khusus yang mengetahui tempatnya, dan adapun ghaib kubra hanya sahabat-sahabat dekatnya yang mengetahui tempat tinggalnya”.

Jika disimpulkan, empat orang wakil khusus saat Imam afs ghaib sughra semuanya berada di Iraq, mereka melakukan ikatan dan hubungan dengan Imam afs selama di sana, maka dengan begitu bisa dikatakan bahwa semasa ghaib sughra , Imam Mahdi afs hidup dan tinggal di Iraq.

Namun, ada beberapa riwayat secara muthlak (baik sughra maupun kubra) menjelaskan bahwa semasa Imam afs ghaib beliau tinggal di Madinah, jadi bisa ditarik kesimpulan dengan pendapat yang pertama bahwasanya mungkin saja sebagian waktunya pada masa ghaib sughra Imam afs juga berada di Madinah.

Sedangkan ghaib kubra ialah masa dimana Imam afs kehidupannya tersembunyi dari khalayak sejak wafatnya wakil khusus beliau yang terakhir pada tahun 329 HQ hingga saat ini, dan mengenai dimana tempat tinggal Imam afs saat ini hanya Allah swt dan orang-orang yang diizinkannya yang mengetahuinya.

Namun menurut beberapa riwayat mengatakan bahwasanya pada masa ghaib kubra Imam afs tinngal di Madinah, Mekkah dan ada yang menyebut juga bahwa Imam afs tidak perlu kepada tempat khusus.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 10 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Dimana Imam Mahdi Afs Tinggal?. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/dimana-imam-mahdi-afs-tinggal.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS