Keinginan Rasulullah saww di Hari Ghadir Khum


Menampakan kegembiraan di hari raya Ghadir atau bergembira di bulan Rabi’ul Awal, dan bergembira di bulan Syakban tidaklah cukup tanpa meningkatkan makrifat kepada para Imam Makshum as.

Terkait pembahasan ajaran-ajaran Ghadir bagi zaman intizhar Imam Mahdi afs, salah seorang pakar pembahasan Mahdawi, Hujjatul Islam Muhammad Shabir Ja’fari mengatakan bahwa kita akan menyaksikan empat macam golongan di masa gaibnya atau zaman kemunculan Imam Zaman afs, di antaranya ialah ada sekelompok orang yang sejak pertamanya jika sedang membicarakan Imam Mahdi afs atau menyebut namanya mereka seperti berada di tempat lain, mereka hanya mengambil dan mencari keuntungan mereka sendiri.

Golongan yang kedua ialah mereka beriman kepada Imam Zaman afs dan juga meyakininya, namun karena tujuan dan kesenangan dunianya membuat mereka keluar dari barisan, kelompok yang ketiga ialah orang-orang yang menyerahkan semuanya kepada Imam Zaman afs, mereka juga tidak menjadikan kesenangan dan tujuan dunia sebagai tolak ukur, namun yang disayangkan ialah saat mereka mengambil keputusan atau melakukan sesuatu, mereka tidka pernah melakukan kewajiban mereka dengan benar, jelas Hujjatul Islam Muhammad Shabir Ja’fari.

Lebih lanjut beliau menuturkan, permasalahan lainnya ialah bahwasanya dalam Al-Ghadir merupakan harapan bagi kaum muslimin dan juga merupakan konsep yang sangat penting. Sebagaimana Rasulullah saww dalam sebuah riwayatnya mengatakan “barang siapa yang ingin supaya Allah swt memberikan kebaikan kepadanya, maka setelahku jadikanlah Ali sebagai pemimpinnya dan musuhilah orang yang memusuhinya”.

Permintaan dan ucapan-ucapan Rasulullah saww di hari Ghadir Khum bukanlah untuk supaya orang-orang datang dan mengucapkan selamat kepada Imam Ali as, namun ada dua hal yang diinginkan Rasulullah saww, yang pertama ialah membai’at Imam Ali as dan yang kedua ialah mentaati Imam Ali as sebagaimana mentaati Rasulullah saww, pungkas Hujjatul Islam Ja’fari.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 19 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Keinginan Rasulullah saww di Hari Ghadir Khum. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/keinginan-rasulullah-saww-di-hari.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS