Lima Alasan Pelajar Perlu Belajar Filsafat

Ilustrasi – Foto: Hai Online

Mungkin sebagian remaja masih asing mendengar kata filsafat. Bagi sebagian remaja yang masih sekolah di SMA, filsafat memang terdengar terlalu “ketinggian” dan rumit. Bukan urusan kita, lah, yang masih muda pokoknya!

Di beberapa negara, salah satunya Indonesia, filsafat menjadi sebuah bidang ilmu yang lazimnya baru mulai dipelajari di kalangan mahasiswa. Namun, di beberapa negara lain, seperti misalnya Perancis, Italia, dan Jerman, ternyata filsafat masuk ke subjek mata pelajaran sekolah menengah, loh!

Dan terbukti, siswa-siswi sekolah menengah di negara-negara tersebut memiliki kemampuan berpikir kritis yang oke banget.

Ada alasan mempelajari filsafat meskipun masih sebagai pelajar SMA karena sebenarnya filsafat adalah ilmu yang paling mendasar. Tapi untuk belajar filsafat secara terstruktur memang perlu kuliah jurusan filsafat. Kamu tidak perlu membuang atau meninggalkan disiplin ilmu yang kamu sukai atau pilih.

Kelak jika kamu sudah memasuki perguruan tinggi, kamu tidak perlu mengorbankan fakultas dan prodi yang kamu pilih. Kamu bisa kuliah dobel, yang satunya kuliah di jurusan yang kamu gemari, yang satunya lagi kuliah filsafat. Kuliah dobel? Bikin kepala meledak!!! Pilihan lainnya kelak jika sudah selesai kuliahmu, kamu bisa kuliah lagi bidang filsafat.

Itu jika tujuannya agar kamu mengetahui ilmu filsafat secara terstruktur. Namun kamu bisa belajar filsafat tanpa harus kuliah filsafat, jika hanya sebagai pengetahuan. Itu pun bisa dimulai ketika kamu masih berstatus sebagai pelajar SMA.

Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Secara sederhana, filsafat bisa djelaskan sebagai sebuah ilmu yang mencari sebab-akibat mendalam dari segala sesuatu.

Dari belajar filsafat, kita jadi terbiasa menemukan sebab-akibat yang akurat dari sebuah masalah. Kita juga jadi lebih mudah untuk menemukan solusi dari masalah-masalah yang ada.

Sebenarnya ada banyak keuntungan-keuntungan lain yang bisa didapat dari mempelajari filsafat sejak dini. Di kutip dari hai-online.com, ada 5 alasan untuk belajar filsafat sejak SMA. Yuk, simak!

1. Kita bakal jadi problem solver yang andal.

Dari belajar filsafat, kita jadi terbiasa menemukan sebab-akibat yang akurat dari sebuah masalah. Kita juga jadi lebih mudah untuk menemukan solusi dari masalah-masalah yang ada.

2. Bisa jadi modal untuk bergaul dengan banyak kalangan.

Ada banyak banget orang di era ini yang berbondong-bondong belajar filsafat. Nah, kalau lo udah belajar filsafat di usia muda, besar banget kemungkinan lo untuk mampu berbaur dengan berbagai jenis kalangan. Juga, lo bakal kelihatan lebih keren di mata doi, kan? Haha.

3. Nggak gampang terjebak oleh isu dan gossip.

Kalau kita dibiasakan untuk menganalisa sebuah masalah atau kejadian secara kritis saat mempelajari filsafat, maka kita nggak akan mudah percaya dan terjebak oleh isu-isu (atau bahkan, konspirasi, haha) di kehidupan sehari-hari yang belum pasti kebenarannya.

4. Jadi lebih mudah mengikuti pelajaran di sekolah.

Filsafat berisi dasar-dasar dari segala ilmu. Makanya, mempelajari dan menerapkan filsafat berarti kita udah memegang bekal penting untuk mempelajari banyak ilmu lainnya. Jadi lebih gampang juga, deh, buat nyerap pelajaran di sekolah!

5. Filsafat membantu kita mengambil arah hidup saat dewasa nanti.

Hal terpenting yang digali dalam filsafat adalah pertanyaan, “Bagaimana seharusnya kita hidup?” dan mempelajari filsafat juga akan membantu lo mencari jawabannya.


Bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan.Sebagian dari kita mungkin cuma mengenal Ir. Soekarno sebagai Bapak Proklamator dan seorang pemimpin. Tapi, ternyata Bung Karno dan banyak pemimpin dunia lainnya juga merupakan filsuf! Filsafat membantu kita melihat serta menganalisa kebaikan dan keburukan, terutama untuk kepentingan orang banyak. Makanya, philosophers make great leaders.

Semakin awal memulai, semakin baik. Seperti yang sudah disebutkan, di negara kita, filsafat memang lazimnya baru dipelajari di ranah universitas. Sayang banget, loh, padahal kita bisa memulai belajar filsafat sejak kita masih duduk di bangku SMA. Dengan begitu, akan jadi lebih mudah bagi kita untuk memiliki performa yang baik di bidang akademik saat kuliah nanti.

Yuk, ngulik filsafat sejak SMA!


(Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 19 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Lima Alasan Pelajar Perlu Belajar Filsafat. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/lima-alasan-pelajar-perlu-belajar.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS