Harta Haram, Penghalang Kerendahan Hati


Setiap manusia harus mengetahui bahwa harta yang didapatkan haruslah dengan cara yang halal yang membuat Allah senang.

Shabestan News Agency melaporkan dari Isfahan, kajian akhlaq sosial yang dihadiri oleh Ayatullah Abbas Rahimi, wakil wali faqih di Khumaini Shahr serta sejumlah ulama-ulama, muballigh dan para pelajar.

Dalam kesempatan tersebut Ayatullah Rahimi menjelaskan bahwa Rasulullah saww dalam sebuah hadits pernah mengatakan bahwa ada tiga hal yang dapat berakibat fatal dan tiga hal yang dapat menyelamatkan.

Dan yang dimaksud 3 hal berakibat fatal ialah serakah terhadap dunia, mengikuti hawa nafsu yang dapat menjatuhkan manusia ke dalam jurang kenistaan, dan yang terakhir ialah pasrah terhadap apa yang ada dalam dirinya. Dan yang menyebabkan keselamatan ialah rendah hati dalam segala hal, sederhana dan apa adanya, yakni tidak terlalu muluk-muluk dan yang terakhir ialah menerapkan keadilan dalam setiap keadaan.

Ayatullah Rahimi lebih lanjut menuturkan, Rasulullah saww pernah menjelaskan sebuah pembahasan aqidah di samping pembahasan irfani, dan terdapat poin penting dalam pembahasan ini. Dimana setiap manusia harus mengetahui bahwa harta yang didapatkan haruslah dengan cara yang halal dan membuat Allah senang, dan jangan sampai manusia mendapatkan hartanya dengan cara yang haram, karena harta haram merupakan penghalang terburuk sifat rendah hati.

Dan mengacu pada sebuah hadits dari Imam Ali Ridha as yang mengatakan bahwa Allah swt merahmati orang yang mempelajari ilmu-ilmu kami dan mengajarinya kepada orang lain. Seseorang bertanya kepadanya, bagaimana cara mempelajari ilmu-ilmumu wahai Imam? Imam as berkata “dengan mempelajari hadits-hadits kami dan mengajarkannya kepada orang lain, karena jika orang-orang mengetahui hadits-hadits kami maka mereka akan mengamalkannya.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 03 Desember 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Harta Haram, Penghalang Kerendahan Hati. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/12/harta-haram-penghalang-kerendahan-hati.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS