Merunut Sejarah dan Budaya Iran Lewat Museum Antropologi Haram Suci Razavi


Dengan mengunjungi Museum Antropologi, Haram Suci Razavi (Hamam Mehdi Qoli Beik) kita dapat mengenal tradisi, adat istiadat, keyakinan dan kebiasaan masyarakat yang pernah hidup di tanah Iran.

Pusat Informasi Haram Suci Razavi melaporkan, Petugas Museum Antropologi Haram Suci Razavi menjelaskan bahwa museum khusus di Hamam Mehdi Qoli Beik, adalah salah satu bangunan kuno era Safavi yang dibuka pada tahun 1385 Hijriyah Syamsiah (2006).

Ia mengatakan, “Dalam enam bulan pertama tahun 2015, lebih dari 33.300 orang mengunjungi museum ini.”

Farhad Aboulqasemi menerangkan, “Dalam enam bulan pertama tahun 2015, total 50 ribu brosur promosi terkait obyek-obyek peninggalan lama Haram Suci Razavi dalam bentuk kertas, email, wifi smartphone dan flash disk disebarkan kepada para pengunjung. Selain itu lebih dari 7.358 orang dalam rombongan yang mencapai 154 orang, mengunjungi Museum Antropologi dan dengan arahan para pakar museum, mereka mengenal berbagai bagian dari museum ini.”

Ia juga menyinggung tentang Sarbineh (ruangan di sekitar kamar mandi umum) Hamam Mehdi Qoli Beik yang memiliki Sarujbari (ukiran tanah liat di dinding kamar mandi umum) dan Gackari (ukiran plester tembok) dalam 28 lapis yang temasuk unik di Iran dan dunia.

Menurutnya, dari semuanya, 13 lapis yang terdapat di atap bagian Sarbineh memiliki hiasan lukisan dan kembali ke era Safavi dan lapisan bawah kembali ke akhir era Qajar (1343 Hijriyah Qamariyah).

Ia melanjutkan, “Karakteristik lain museum ini di antaranya pameran foto-foto lama terkait dengan bidang kerja tadisional dan kehidupan sehari-hari masyarakat, foto-foto lama Haram Suci Razavi, figura-figura lukisan warung kopi dan fot-foto pemandangan dari sejumlah lokasi di Provinsi Khorasan Razavi seperti Baq’eh Harunieh, Borj Radkan, makam Omar Khayyam, makam Arsalan Jazeb dan Meil Ayyaz, serta Makam Cucu Imam, Ebrahim.”

Aboulqasemi mengatakan, “Di beberapa stan museum ini, terdapat berbagai peralatan mandi, alat kecantikan dan alat-alat tekstil, pakaian tadisional, alat pembuat teh, teko, pembuat kopi, telepon, mesin ketik, alat olahraga dan lainnya.”

Petugas Museum Antropologi, Haram Suci Razavi menuturkan, Hamam Mehdi Qoli Beik adalah salah satu kamar mandi umum terbesar di Iran yang memiliki struktur bangunan kamar mandi kuno yang indah.

“Benda-benda yang ditemukan ketika renovasi kamar mandi umum ini dilakukan di antaranya adalah perkakas dari tanah liat, sofalineh (tembikar), tamboushu (pipa saluran air dari tanah liat), ubin-ubin dari tanah liat kuno dan lantai kamar mandi, yang juga dipamerkan kepada para pengunjung,” paparnya.

Hamam Mehdi Qoli Beik dibangun pada tahun 1207 Hijriyah Qamariyah atas perintah Qoli Beik dan diwakafkan ke Haram Suci Razavi. Kamar mandi umum ini pada tahun 1988 dibuka kembali namun dua tahun kemudian mulai ditinggalkan pengunjung. Pada tahun 1977 kamar mandi umum ini masuk ke dalam daftar bangunan-bangunan bersejarah Iran dan pada tahun 1999 atas instruksi Perwalian Haram Suci Razavi, bangunan ini direkonstruksi.

Perlu diketahui, Museum Antropologi, Haram Suci Razavi dibuka setiap hari mulai pukul 8:00 hingga 12:30 (setiap hari Kamis mulai pukul 8:00 hingga 11.30) dan di hari-hari libur dibuka mulai pukul 8:00 sampai 12:00. Museum ini terletak di sisi luar Barat Serambi Jame Razavi, Haram Suci Imam Ridha as.

(News-Aqr/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Jumat, 12 Februari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Merunut Sejarah dan Budaya Iran Lewat Museum Antropologi Haram Suci Razavi. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/02/merunut-sejarah-dan-budaya-iran-lewat.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS