Masjid Yaman dengan Daun Pelepah Kurma


Masjid-masjid yang terletak di kawasan Al-Hadidah Barat, Yaman, terbuat dari daun-daun pelepah kurma, dan berhasil menciptakan parorama tersendiri.

Masjid-masjid ini berhasil memelihara semangat spiritual dan inovasi masyarakat setempat dalam dunia arsitektur.

Daerah Al-Hadidah Barat memang dipenuhi oleh lahan pertanian dan kebun-kebun kurma. Untuk itu, penduduk setempat memanfaatkan anugerah alam ini untuk membangun rumah mereka. Untuk itu, dalam membangun masjid pun, mereka menggunakan daun-daun pelepah kurma.

Gaya arsitektur tradisional ini banyak ditemukan di daerah Tuhama, terutama barat lau Al-Duraihimi hingga daerah Al-Khawkhah.

Penduduk setempat menggunakan batang-batang kurma untuk pilar-pilar bangunan dan lantas menutupinya dengan tanah liat sebagai ganti dari semen.

Secara umum, dari sejak 70 abad lalu, Yaman memang senantiasa memanfaatkan produk dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Salah satu produksi mapan Yaman adalah tikar yang terbuat dari dedaunan kurma. Tikar ini digunakan untuk alas masjid, rumah, dan perkantoran.

(Al-‘Arabi-Al-Jadid/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 19 April 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Masjid Yaman dengan Daun Pelepah Kurma. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/04/masjid-yaman-dengan-daun-pelepah-kurma.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS