Babak Baru, Iran Jalin Kerjasama dengan ASEAN

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk urusan Asia dan Pasifik Ebrahim Rahimpour

Iran bertekad untuk membuka babak baru dalam kerjasama dengan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Asia dan Pasifik Ebrahim Rahimpour mengatakan.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Jakarta, Jumat (29/7/16), Rahimpour berterima kasih kepada Indonesia yang sebagai anggota ASEAN atas dukungannya untuk Iran dalam Treaty of Amity and Cooperation (TAC).

Selama pertemuan ke-49 mereka di ibukota Laos Vientiane pada tanggal 24 Juli, para menteri luar negeri ASEAN sepakat untuk permintaan Iran bergabung dengan blok TAC.

ASEAN adalah organisasi regional yang terdiri dari 10 negara-negara Asia Tenggara yang mempromosikan kerjasama antar pemerintah dan memfasilitasi kerjasama ekonomi antara anggotanya. Sejak terbentukannya pada tanggal 8 Agustus, 1967 oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, anggota ASEAN diperluas mencakup Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam.

Tujuan utamanya meliputi percepatan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan evolusi sosial budaya di antara para anggotanya, di samping perlindungan stabilitas regional dan penyediaan mekanisme bagi negara-negara anggota untuk menyelesaikan perbedaan secara damai.

Rahimpour lebih lanjut mengatakan Indonesia merupakan prioritas dalam kebijakan luar negeri Iran, menambahkan bahwa kunjungan yang direncanakan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo ke Teheran akan memainkan peran yang sangat penting dalam mempercepat perjanjian sebelumnya yang ditandatangani antara kedua negara dan memperkuat hubungan bilateral.

Pejabat Iran menambahkan bahwa Republik Islam mendukung Indonesia dalam hubungan regional dan internasional.

Menteri luar negeri Indonesia mengatakan negaranya menganggap Iran sebagai sahabat dan siap untuk memperbaiki hubungan dengan Iran di tingkat regional dan internasional.

Rahimpour dan Marsudi lebih lanjut mendesak meningkatkan transaksi perbankan dalam upaya untuk memfasilitasi kerjasama perdagangan antara Tehran dan Jakarta.

(Reuters/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 30 Juli 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Babak Baru, Iran Jalin Kerjasama dengan ASEAN. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/07/babak-baru-iran-jalin-kerjasama-dengan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS