2014: Iran – Nigeria Petik Hasil Imbang Pertama 0-0


Iran dan Nigeria berbagi satu poin setelah pertemuan keduanya berakhir tanpa gol 0-0 di Stadion Arena da Baixada, Curitiba, Brasil, Selasa dini hari WIB, yang sekaligus menjadi hasil imbang pertama pada putaran final Piala Dunia 2014.

Laga tersebut menjadi laga pertama yang berakhir imbang dan hambar tanpa gol, mengingat 12 pertandingan lain yang sudah berlangsung selama lima hari penyelenggaraan Piala Dunia 2014 berakhir dengan salah satu tim meraih hasil penuh, termasuk kemenangan 2-1 Argentina atas Bosnia Herzegovina yang tergabung di Grup F bersama Iran dan Nigeria.

Meski tampil dominan dan lebih banyak mengendalikan bola, namun Nigeria kesulitan menembus rapinya organisasi pertahanan Iran yang dikomandoi Mehrdad Pooladi.

Bahkan statistik laman FIFA mencatat, tim Elang Super itu hanya mampu lima kali menemui sasaran dari sembilan percobaan tembakan yang mereka lakukan.

Sementara Iran, meskipun tertekan sepanjang pertandingan memiliki kesempatan lewat sundulan penyerang Reza Ghoochannejhad yang boleh jadi satu-satunya peluang emas yang terlihat dalam laga tersebut, yang memaksa penjaga gawang Vincent Enyeama berjibaku menyelamatkan gawangnya.


Jalannya Pertandingan

Pada menit 7 bola sempat bersarang ke gawang Iran, namun wasit asal Kolombia, Carlos Vera, menilai John Obi Mikel sudah lebih dulu melakukan pelanggaran dengan mengganggu pergerakan penjaga gawang Alireza Haghighi saat menyongsong bola sepak pojok Victor Moses, sehingga gol tidak disahkan.

Pada menit 29, bek gaek Nigeria Joseph Yobo masuk menggantikan Godfrey Oboabona yang cedera setelah jatuh dalam posisi jatuh yang kurang baik seusai perebutan bola udara.

Tim besutan Stephen Keshi kembali mengancam gawang Iran pada menit 31, lewat tendangan bebas Ahmed Musa, yang masih bisa diselamatkan oleh Haghighi.

Lebih banyak tertekan, Iran baru bisa membahayakan gawang Nigeria pada menit 34, lewat sundulan penyerang muda berusia 20 tahun, Reza Ghoochannejhad, menyambut bola sepak pojok Ashkan Dejagah yang sayangnya masih bisa diantisipasi oleh penjaga gawang Vincent Enyeama.

Merasa penampilan penyerang sayap Chelsea yang musim lalu merumput sebagai pemain pinjaman di Liverpool, Victor Moses, kurang efektif, pelatih Stephen Keshi mengirimkan penyerang berpengalaman Shola Ameobi turun ke lapangan pada menit 52.

Sementara Iran, masih mengandalkan kreativitas serangan yang dibangun Andranik Teymourian, sepanjang 20 menit pertama babak kedua justru menambah dua kali tembakan tepat sasaran, meski belum membuahkan keunggulan.

Kebuntuan yang terus berlanjut, mendorong pelatih Iran asal Portugal Carlos Queiroz menurunkan penyerang muda Alireza Jahan Bahksh untuk menggantikan Askan Dejagah.

Penyerang berusia 20 tahun itu mendapat kehormatan melakoni debutnya di Piala Dunia 2014 yang sebelumnya mengantongi tujuh kali penampilan bersama Iran di laga-laga fase kualifikasi dan persahabatan.

Kedua tim berusaha untuk memecah kebuntuan, namun tidak satu pun serangan mereka menghasilkan gol sehingga laga berakhir dengan skor imbang 0-0.

Susunan pemain yang diturunkan kedua tim berdasarkan laman FIFA.
Iran: Alireza Haghighi (PG), Jalal Hosseini, Amir Hossein Sadeghi, Pejman Montazeri, Mehrdad Pooladi, Khosro Heydari (Masoud Shojaei), Ehsan Hajsafi, Javad Nekounam (K), Andranik Teymourian, Ashkan Dejagah (Alireza Jahan Bahskh), Reza Ghoochannejhad

Nigeria: Vincent Enyeama (PG/K), Efe Ambrose, Juwon Oshaniwa, Godfrey Oboabona (Joseph Yobo), Ogenyi Onazi, Kenneth Omeruo, John Obi Mikel, Ramon Azeez (Peter Odemwingie), Victor Moses (Shola Ameobi), Ahmed Musa, Emmanuel Emenike

(Antara-News/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 18 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul 2014: Iran – Nigeria Petik Hasil Imbang Pertama 0-0. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/2014-iran-nigeria-petik-hasil-imbang.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS