G30S: Curahan Hati Catherine Panjaitan, Putri Mayjen (Anumerta) DI Panjaitan


Isu mengenai komunisme dan PKI akhir-akhir ini semakin meningkat. Bahkan Presiden Joko Widodo pun sering menjadi sasaran fitnah terkait isu PKI dan komunisme.

Komunisme merupakan sebuah noda di tengah perjalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Walau kejadian Gerakan 30 September (G30S) sudah lebih 51 tahun yang lalu, namun masih menyisakan luka dan kontroversi.

Belum lagi "kegaduhan" antara berbagai kelompok kepentingan politik seputar rencana Presiden Joko Widodo untuk melakukan rekonsiliasi antara negara dengan keluarga korban terus berlangsung setiap tahunnya.

Namun bagaimana dengan para korban? Baik itu keluarga dari korban peristiwa tersebut yang ditangkap dan dibunuh pasca peristiwa penculikan para petinggi Angkatan Darat, maupun keluarga korban petinggi Angkatan Darat yang diculik dan dibunuh pada malam 30 September hingga dini hari 1 Oktober 1965.

Semuanya seolah terwakili oleh pengalaman yang diceritakan oleh Catherine Panjaitan, putri sulung Mayor Jenderal Anumerta Donald Isaac (DI) Pandjaitan. Seperti dicatat dalam sejarah, Mayjen DI Panjaitan dibunuh oleh para anggota gerombolan G30S di garasi rumahnya di Jl. Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Keluarga besar Pahlawan Revolusi Mayjen (Anumerta) D.I. Panjaitan berfoto di depan Monumen Pancasila Sakti. Catherine Panjaitan berdiri beris depan kedua dari kiri.

Catherine seolah bergumul sendirian dengan bayangan kelam detik-detik kematian ayahnya yang tewas tersungkur tepat di depan matanya sendiri pada subuh naas 1 Oktober 1965 itu.

Rasa marah, sedih dan sesal menjadi sarapan sehari-hari Catherine selama berpuluh-puluh tahun. Namun sedikit demi sedikit, perempuan kelahiran Jakarta 8 Juli 1947 bangkit tegar berdiri dan memilih untuk memaafkan para pelaku pembunuh ayahnya.

Berikut wawancara eksklusif antara dengan Catherine setahun lalu.

Pertanyaan: Ibu Catherine, 50 tahun sudah berlalu, apa yang ibu rasakan?

Catherine: Ya mula-mula sih nggak enak ya. Dengan meninggalnya orangtua kita hidup ini penuh sakit hati, penuh kebencian. Sakit hati lihat pemerintah, sakit hati lihat bangsa ini, kok kejam kasar. Tapi ya lama-lama kita yang sudah mengalami trauma ya mesti.. Karena ga ada yang bisa tolong kita. Kita mesti cari sendiri pengobatannya.


Pemulihan trauma yang ibu lakukan bersama keluarga seperti apa? Apa yang ibu lakukan?

Mungkin karena saya melihat ayah saya ditembak, setahun pertama saya kerjaannya hanya nangis dan marah saja, merasa ..sakit hatilah.

Akhirnya dokter menyarankan ke ibu saya, karena (rumah) itu tempat dimana (lokasi) ayah saya dibunuh, kan setiap kita keluar rumah ..di situ kan ditembaknya. Jadi every time kita lewat ya selalu mengingatkan. Dan saya tuh agak.. mereka bilang saya banyak berubah. Dokter menyarankan, agar kejiwaan saya jangan sampai rusak, dokter bilang “Kau pindah lah dari rumah itu.” Ibu saya nggak mau karena kita baru pindah, itu rumah baru dibangun setelah kita pulang dari Eropa.

Jadi saya dititipkan sama keluarga yaitu almarhum Umaryadi saat ia dikirim ke Jenewa sebagai duta besar. Saya ke sana. Bertahun-tahun saya di Eropa. Sekolah nggak sekolah, jadi begitulah, kayak kapal yang terombang ambing. Jadi begitu, pergi sekolah komputer lalu kecantikan, sekolah apapun. Nggak jadi-jadi.

Akhirnya ketemu dengan Oom Habibie (BJ Habibie-mantan Presiden RI ke 3). Ya memang dari kecil saya kenal dengan beliau. Saya curhat, ‘kok begini sih Oom, hidup? Trus dia bilang, “Sekarang kamu mau apa?”. Saya bilang, “Saya pengen keliling dunia aja deh. Tapi saya nggak ada duit”. Dia bilang, “Kamu kan pinter bahasa, kenapa kamu tidak jadi stewardess (pramugari)? Do you like it?”.

Saya tertarik, tapi bagaimana caranya. Akhirnya karena waktu itu saya dapat beasiswa dari (perusahaan) Fritz Werner Jerman, Papa saya kan di bagian logistik dulu. Mereka bantu. Kirim surat ke saya untuk jadi stewardess, menang saya. Dari lima orang, dia orang yang terpilih. Ya sudah saya lima tahun jadi stewardess wira wiri keliling aja.

Hidup tuh.. nggak tau deh, untung nggak yang mboten-mboten. Tapi setelah saya menikah punya anak satu waktu itu, saya ketemu dengan seorang pendeta. Saya cerita sama dia, pokoknya setiap saya ketemu dengan orang yang lebih dewasa saya curhat. Karena saya mencari, siapa yang bisa menolong saya? Nggak ada.

Akhirnya di situ dia bilang, “Coba kita ibadah.” Saya tantang dia, apa iya? Tapi saya lihat dia lain daripada yang lain. Lalu dikasih saya ayat (dalam Alkitab). Nah semuanya bener. Saya terpaku. Sejak itu saya tekuni selama 30 tahun ini untuk ibadah, tiga kali seminggu. Hasilnya begini, saya bisa memaafkan. Yang penting itu, kita bisa memaafkan. Kalau kita bisa memaafkan orang jahat saya berpikir..memang susah dulu, tapi saya saja dimaafkan sama Tuhan. Padahal siapa saya ?


Apa yang ibu harapkan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo?

Ya, mau memperhatikan bangsa ini. Mau memperbaiki struktur negara ini. Apalagi menyangkut rakyat. Kita yang di atas (hidup) senang kok. Kita harus lihat kebawah. Dan saya liat Pak Jokowi lihat ke bawah. Itu yang penting. Anak-anak sekolah, diajar ibadah. Dari situ mereka can be a sweet person.

(VOA-Indonesia/Memobee/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 26 Juli 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul G30S: Curahan Hati Catherine Panjaitan, Putri Mayjen (Anumerta) DI Panjaitan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/07/g30s-curahan-hati-catherine-panjaitan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS