350 Ulama Se-Asia Tenggara Akan Hadiri Muzakarah Tauhid Tasawuf di Bogor

Foto: NU Online

Sebanyak 350 ulama tasawuf se-Asia Tenggara akan menghadiri Muzakarah Tauhid Tasawuf ke-4 se-Asia Tenggara di Pondok Pesantren Raudhoh Al-Hikam, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 25-27 Agustus 2016. Acara ini juga akan dihadiri ribuan jamaah dari berbagai wilayah di Indonesia.

Muzakarah Majelis Pengkajian Tauhid dan Tasawuf ke-4 yang dijadwalkan akan dibuka Rais Am PBNU KH Ma’ruf Amin ini mengusung tema Tauhid Tasawuf Sebagai Roh Pembangunan Insan Agar : Beriman Kepada Allah dan Rasul, Mencintai Allah dan Rasul Serta Berakhlak Yang Mulia.

Sekretaris Umum Muzakarah Tasawuf ke-4 Se-Asia Tenggara, Abi Razali Daud mengatakan Isu yang akan dikaji dan dibahas para ulama tasawuf itu meliputi inti ajaran tauhid sufi, pedoman warisan sejarah gemilang peradaban umat khususnya di Nusantara agar berupaya bangkit kembali.

Selain itu, lanjut Abi Razali, Muzakarah Ulama Tasawuf ini juga akan membahas pembentukan akhlak mulia untuk mencapai tauhid hakiki, hubungan tasawuf dengan ilmu-ilmu keislaman serta pergerakan tauhid sufi dalam memberkahi Nusantara.

Ia menuturkan, gerakan sufi senantiasa menekankan akhlak mulia dan perdamaian, bukan gerakan yang membawa kemarahan, kebencian, dendam, radikalisme dan terorisme. “Gerakan sufi sangat melarang melakukan perbuatan yang bersifat zalim terhadap siapapun,” tuturnya.

Menurut dia, ajaran sufi membawa seluruh umat manusia untuk beriman dan makrifat kepada Allah SWT melalui wasilah cahaya Rasulullah SAW yang membawa cinta dan akhlak mulia.

“Maka dengannya jiwa tenang, damai, dan terhindar dari berbagai penyakit hati serta bisa membangun ibadah yang khusyuk, akhlak yang indah, dakwah yang membawa kedamaian serta mewujudkan keadilan dan kasih sayang antara sesama umat manusia. Sesungguhnya dengan jalan makrifat ini, jiwa manusia akan menjadi bahagia dan tenang,” papar dia.

Sudah waktunya, kata dia, para Mursyid Thariqah bangkit kembali membimbing masyarakat untuk mengembalikan ruh agama serta bergandeng tangan, bersama-sama dengan para ulama dari berbagai disiplin keilmuan yang telah memainkan peranan masing-masing dengan baik.

Abi Razali menuturkan, pertemuan ini akan dihadiri sejumlah tokoh penting, yang terdiri dari para Mursyid dan Masyayikh berbagai thariqah mu’tabarah.

Ulama tasawuf terkemuka itu antara lain; Abuya Syekh H Amran Waly Al-Khalidi (Syekh Thoriqot Naqsabandiyah), Syekh H Ibrahim Muhammad (Syekh Thoriqot Syatariah, Malaysia), Dr Muhammad Dhiauddin Kuswandi (pimpinan Keluarga Besar Wali Songo), Dr Syekh Rohimuddin Al-Bantany (pimpinan Kerukunan Ulama Nusantara), dan KH Zein Djarnuzi (pimpinan Pondok Pesantren Raudhoh Al-Hikam, Indonesia, Syekh Thoriqoh Qodiriyah Wanaqsabandiyah/TQN).

Rangkaian acara yang digelar selama tiga hari ini akan diisi muzakarah (seminar/konferensi) khusus, zikir, tausiyah, maulid Nabi, manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani serta hiburan Islami dari Indonesia dan Malaysia. “Muzakarah Tauhid Tasawuf ini akan diisi dengan pembahasan,” ungkapnya.

Abuya Syekh H. Amran Waly Al Khalidi yang juga Syekh Tarikat Naqsyabandiyah Khalidiyah mengatakan muzakarah para ulama tauhid dan tasawuf se -Asia Tenggara sebelumnya telah dilaksanakan di Kota Meulaboh Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2010, kemudian muzakarah yang ke-2 di laksanakan di Selangor Malaysia serta yang ke-4 di laksanakan di Blang Pidie Aceh Barat Daya Provinsi Aceh.

(NU-Online/Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 25 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul 350 Ulama Se-Asia Tenggara Akan Hadiri Muzakarah Tauhid Tasawuf di Bogor. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/350-ulama-se-asia-tenggara-akan-hadiri.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS