Pustaka Manuskrip Tulisan Tangan Bidang Kedokteran di Haram Suci Razavi


Karya-karya langka tulisan tangan di bidang kedokteran dan farmasi yang disimpan di Perpustakaan Pusat Haram Suci Razavi dan memiliki beragam gambar berwarna, sangat bernilai dan kembali ke abad kedelapan.

Astan News melaporkan, Kepala Divisi Manuskrip Tulisan Tangan, Departemen Perpustakaan, Museum dan Pusat Dokumen, Haram Suci Razavi mengatakan, karya-karya bernilai di bidang kedokteran dan farmasi disimpan di Perpustakaan Pusat Haram Suci Razavi. Karya-karya ini memuat informasi-informasi penting di kedua bidang ilmu tersebut, dan dari sisi usia serta keunikan seninya, termasuk ke dalam karya-karya yang sangat langka.

Hujatulislam Mohammad Hassan Nouri Nia, pertama memperlihatkan karya Mohammad bin Zakaria Razi yang ditulis sekitar tahun 743-746 Hijriah dan menuturkan, karya berharga yang diberi judul “Mufid Al Khas fi Ilmi Al Khawas” dan cetakan Haram Suci Razavi adalah volume keduanya, meliputi sejumlah pembahasan berbeda seperti kedokteran, pertanian, peternakan dan yang lainnya. Karya itu memiliki 50 gambar berwarna hewan dan tumbuh-tumbuhan dengan gaya Baina Al Nahrain.

Kemudian ia menunjukkan karya lain berbahasa Yunani yang ditulis pada abad kedelapan dan edisi terjemahannya dalam bahasa Arab disimpan di Haram Suci Razavi.

Ia menjelaskan, karya ini diberi judul “Al Hashaish” atau “Khawash Al Ashjar” atau “Hiuli Alaj Al Tib” karya Pedanius Dioscorides (salah satu tabib terkemuka Yunani awal) atau yang dikenal juga dengan lima konsep, dan penulis dalam karyanya menelitisekitar 600 jenis tumbuh-tumbuhan dan sejumlah banyak jenis hewan dan burung.

Terkait terjemahan karya yang ada di Perpustakaan Haram Suci Razavi ini, Nouri Nia menuturkan, buku ini diterjemahkan ke dalam dua bahasa Suryani dan Arab, dan edisi yang ada di Perpustakaan Haram Suci Razavi diterjemahkan oleh Mehran bin Mansour pada abad keenam, khatnya adalah edisi 16 baris, kertas berwarna krem, 284 lembar, jilidnya Timouj dan potongan Soltani, karya ini diwakafkan oleh Shah Abbas Safavi pada tahun 1017 Hijriah.

Kepala Divisi Manuskrip Tulisan Tangan, Departemen Perpustakaan, Museum dan Pusat Dokumen, Haram Suci Razavi juga memperlihatkan sebuah karya berisi pelajaran umum kedokteran dalam bahasa Persia yang ditulis pada tahun 815 Hjiriah.

“Buku ini berjudul ‘Kifayat Al Tib’ tulisan Kamaluddin Abul Fazl Hubaish Tafsili, menjelaskan sebab-sebab dan tanda-tanda penyakit dan dalam setiap halamannya meliputi tabel-tabel dan diagram dalam empat tabel kecil yang di atas jadwal tersebut, tertulis tabel nama penyakit dan di bawahnya, dua tabel yang lebih besar yang menjelaskan metode penyembuhannya,” paparnya.

Nouri Nia melanjutkan, buku ini memiliki sebuah tulisan kaligrafi berwarna emas yang dihias dengan warna biru laut, dengan desain Aslimi dan Mirza Reza Khan Naini dan diwakafkan pada bulan Mordad 1311 Hijriah Syamsiah.

Di akhir, ia menjelaskan, Pustaka Manuskrip Tulisan-tulisan Tangan, Perpustakaan Pusat Haram Suci Razavi sebagai salah satu perpustakaan Dunia Islam terbesar dan terkaya, memiliki 2500 manuskrip tulisan tangan bernilai dengan tema kedokteran, pengobatan dan farmasi yang mendapat perhatian luas dari para pengunjung dan peneliti.

(Astan-News/News-AQR/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 25 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Pustaka Manuskrip Tulisan Tangan Bidang Kedokteran di Haram Suci Razavi. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/pustaka-manuskrip-tulisan-tangan-bidang.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS