Perempuan Indonesia Jauh Lebih Banyak Peran

Foto: Kongres Perempuan Indonesia

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama, Perempuan Indonesia lebih memiliki kesempatan lebih lapang untuk berkarya dibandingkan perempuan di luar negeri. Mereka lebih memiliki kebebasan bergerak di banyak lapangan seperti sosial, politik, ekonomi, budaya, agama, keorganisasian, dan sebagainya.

Demikian dinyatakan Wakil Ketua Umum PBNU, H Asad Said Ali saat mengisi materi diskusi “NU dan Dinamika Aliran di Indonesia” dalam rangkaian acara Orientasi Kepemimpinan Ormas Perempuan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (18/1).

H Asad menceritakan pengalamannya ketika tinggal di Timur Tengah. Gerakan perempuan di luar negeri seperti Libanon, Saudi, dan sejumlah negara Timur Tengah lain, menurutnya, sangat terbelenggu.

Ia mengambil contoh di Libanon pada 1980-an. Pemerintah di sana hanya memberikan kuota 2 kursi menteri bagi perempuan. Itu pun hanya untuk pajangan. Sementara Saudi baru setahun lalu memiliki majelis syuro yang menampung aktivis perempuan. Pun karena pemerintah Saudi mendapat tekanan internasional.

Sedangkan perempuan di Eropa baru memiliki hak pilih setelah Perang Dunia Kedua. Tetapi posisi mereka juga di belakang kalangan laki-laki, terang H Asad di hadapan sedikitnya 90 peserta orientasi yang diselenggarakan PP Muslimat NU dan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Sabtu-Ahad (18-19/1).

“Wanita Indonesia punya peran lebih banyak. Tidak hanya di lapangan politik, mereka memiliki keleluasaan bergerak di banyak sektor termasuk perekonomian dan sosial. Bahkan, keunggulan mereka setaraf tetapi juga melebihi kalangan laki-laki di Indonesia,” jelas H Asad.

Ini bisa terjadi, tegas H Asad, hanya karena berkah dari UUD 1945 yang mengayomi segenap warga termasuk gerakan perempuan.

Ketika ditanya perihal arah gerakan Muslimat NU, H Asad mengusulkan agar Muslimat NU menekuni bidang pendidikan PAUD, etika, pesantren, juga ekonomi melalui kredit usaha rakyat selain kaderisasi, peningkatan kapasitas kader, dan advokasi warga.(ZM)

(NU-Online/Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 25 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Perempuan Indonesia Jauh Lebih Banyak Peran. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/perempuan-indonesia-jauh-lebih-banyak.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS