Jerussalem Post: Cemaskan Nuklir, Israel Ketakutan jika Dimusnahkan Iran

Ilustrasi perseteruan Israel dan Iran. (Foto: Istimewa).

Pemerintah Israel terus dihantui program nuklir Teheran yang mereka curigai sedang dikembangkan untuk pembuatan senjata. Pejabat Departemen Pertahanan Israel takut negaranya akan dimusnahkan oleh Iran jika Teheran berhasil memiliki senjata nuklir.

Ketakutan itu disampaikan kepala urusan politik dan militer Departemen Pertahanan Iran, Amos Gilad. Dia memperingatkan “badai” yang belum tentu Israel mampu mengatasinya. Menurutnya, Iran bisa dengan cepat memiliki senjata nuklir, dan Israel harus memiliki kesiapan operasional untuk menghadapi setiap ancaman.

“Hari ini adalah hari yang menyenangkan. Tapi ada awan, dan badai, di cakrawala,” kata Gilad. ”Orang-orang tidak percaya sampai ia (badai) datang,” lanjut Gilad menyindir ancaman nuklir Iran, seperti dikutip Jerussalem Post, Selasa (20/5/2014).

Menurutnya, program senjata nuklir Iran tetap menjadi ancaman keamanan Israel. Dia menggambarkan Iran sebagai rezim mengerikan. Dia pun takut, jika Iran akan memusnahkan Israel. Ketakutan itu, juga mengacu pada pernyataan terakhir mantan Presiden Iran, Ayatollah Hashemi Rafsanjani, yang pernah mengatakan bahwa salah satu bom atom akan cukup untuk menghancurkan Israel.

”Mereka bertekad untuk membuat senjata nuklir. Mereka ingin mendapatkan ke situasi di mana (Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah) Ali Khamenei meminta (Ali Akbar) Salehi, (kepala Asosiasi Energi Atom Iran), katanya; ‘Kita bisa mengembangkan senjata nuklir? Dan jawabannya harus ya, kita bisa’. Tidak dalam bahasa Inggris, namun dalam bahasa Persia, “ imbuh Gilad.

Dia curiga, Iran sedang memaikan strategi ganda. Di satu sisi bernegosiasi untuk menyingkirkan sanksi internasional, dan di sisi lain tetap membuat senjata nuklir. Ketakutan Isreal lainnya, adalah proyek pembuatan sekitar 100 ribu roket Hizbullah yang diawasi Iran.

Iran sendiri berkali-kali menepis tuduhan Israel itu. Mereka bersikeras, bahwa program nuklirnya untuk kepentingan sipil, bukan untuk pembuatan senjata.

(Jerussalem-Post/Sindo-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 15 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Jerussalem Post: Cemaskan Nuklir, Israel Ketakutan jika Dimusnahkan Iran. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/jerussalem-post-cemaskan-nuklir-israel.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS