Amnesty Prihatin atas Penahanan Aktivis Saudi


Amnesty International telah menyuarakan keprihatinannya atas penahanan aktivis dan pembela hak asasi manusia oleh rezim Saudi dengan dalih perang melawan teror.

Wakil direktur untuk Timur Tengah dan Afrika Utara di Amnesty International, James Lynch, memperingatkan bahwa situasi hak asasi manusia di Arab Saudi memburuk secara signifikan selama tahun lalu.

“Semakin banyak aktivis pembela hak asasi manusia dipenjara sejak 2014 dibawah hukum kontra-teror Arab Saudi, sementara sekutunya tanpa malu-malu mendukung penindasan kerajaan atas nama yang disebut ‘perang melawan teror’,” kata Lynch.

Dia menambahkan bahwa puluhan tahanan yang berada di penjara “beresiko menderita hukuman yang kejam dan perlakuan buruk terhadap para aktivis damai.”

Pernyataan Lynch tersebut menyusul hukuman campur terhadap blogger dan aktivis hak asasi manusia Saudi, Raif Badawi, yang menuntut hak kebebas berekspresi.

Kelompok hak asasi yang berbasis di London itu melanjutkan dengan mengatakan bahwa pengacara Badawi, Waleed al-Khair Abu, juga dipenjara di bawah hukum kontra-teror Arab Saudi yang diberlakukan Februari 2014.

Ini datang seminggu setelah Arab Saudi mengumumkan eksekusi ulama terkemuka Sheikh Nimr al-Nimr, seorang kritikus rezim Al Saud. Ulama adalah salah satu dari 47 orang lain, termasuk sejumlah aktivis, yang dieksekusi pada tanggal 2 Januari.

Kelompok hak asasi juga menunjuk eksekusi rezim Al Saud sejak tahun lalu, yang mencatat setidaknya 151 orang dieksekusi antara Januari dan November 2015, Eksekusi yang tertinggi negara itu sejak tahun 1995.

Lynch mengecam kerajaan untuk “pengadilan yang tidak adil” dan hukuman mati yang telah dijatuhkan “hanya didasarkan pada pengakuan terpaksa” bawah penyiksaan.

Saudara Sheikh Nimr, Ali al-Nimr, dan beberapa aktivis lainnya, yang berusia di bawah 18 tahun, juga telah menerima hukuman mati.

Riyadh telah mendapat tekanan atas pelanggaran hak asasi manusianya, penahanan yang tidak adil, penembak demonstran dan penyiksaan terhadap tersangka dalam beberapa tahun terakhir. []

(Mahdi-News/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 10 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Amnesty Prihatin atas Penahanan Aktivis Saudi. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/amnesty-prihatin-atas-penahanan-aktivis.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS