Zarif: Iran Bersabar Menghadapi Tindakan Negatif Saudi

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (Kanan ) dan Wakil Menteri China Luar Negeri Zhang Ming bertemu di Teheran pada tanggal 9 Januari, 2016. (Foto: IRNA)

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan Republik Islam sejauh ini masih bersabar menghadapi tindakan negatif yang diterapkan Arab Saudi, setelah Riyadh melakukan kebijakan bermusuhan terhadap Teheran.

“Kami sejauh ini merespon tindakan negatif Saudi dengan kesabaran karena ada jarak antara kebijaksanaan Iran dan pendekatan salah dan tidak dewasa, pejabat Saudi, kata Zarif dalam pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri China Zhang Ming di Teheran, Sabtu (9/1/16).

“Kami selama ini tidak berada dalam tegangan di kawasan,” tambah menteri Iran.

Hubungan antara Iran dan Arab Saudi tegang dalam beberapa hari terakhir tegang menyusul eksekusi Saudi terhadap oposisi ulama Sheikh Nimr al-Nimr, yang diumumkan pada tanggal 2 Januari.

Eksekusi Nimr ini secara luas dikecam oleh Muslim dan aktivis hak asasi manusia di seluruh dunia serta pemerintah yang berbeda.

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada tanggal 3 Januari menyusul demonstrasi di depan Kedutaan Besar Saudi di Teheran dan konsulat di timur laut kota Mashhad oleh pengunjuk rasa yang marah terhadap keluarga Al Saud terkait pembunuhan Nimr. Beberapa orang memanjat dinding konsulat di Masyhad sementara di kedutaan Saudi di Teheran di lempari perangkat pembakar. Sekitar 50 orang ditahan atas pelanggaran tersebut.

Dalam sebuah surat Jumat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon, Zarif mengatakan Arab Saudi harus membuat “pilihan penting” apakah mempromosikan kebencian “sektarian” dengan mendukung kelompok-kelompok ekstremis atau mempromosikan stabilitas regional.

Zarif menambahkan bahwa Teheran memiliki “keinginan atau kepentingan untuk mengurangi eskalasi ketegangan di kawasan kami” dan berharap Riyadh untuk “memperhatikan penyebabnya.”

Sementara itu, berbicara dalam konferensi pers setelah pertemuan luar biasa dari para menteri luar negeri dari [Persia] Gulf Cooperation Council di Riyadh pada hari Sabtu, Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir diulang kerajaan anti-Iran retorika dan kata Riyadh sedang mempertimbangkan “tindakan tambahan “terhadap Teheran jika” terus dengan kebijakan saat ini. ”


Iran terus memperluas hubungan China
Selama pertemuannya dengan diplomat China, Zarif juga mengatakan bahwa Iran dan China memiliki banyak perhatian pada berbagai isu-isu umum.

Dia menambahkan bahwa Teheran akan terus memperluas hubungan dengan Beijing menyusul pelaksanaan perjanjian nuklir yang dicapai antara Republik Islam dan enam kekuatan dunia di Juli 2015.

Menteri Iran menyatakan harapan bahwa kunjungan yang direncanakan oleh Presiden China Xi Jinping ke Teheran dalam waktu dekat akan membawa hasil positif bagi kedua negara.

Dia juga berharap bahwa para pejabat Iran dan Cina akan membuka prospek kerjasama komprehensif selama kunjungan Xi ke Teheran.


Iran mengejar kebijakan luar negeri yang bijaksana

Pejabat Cina, dalam hal ini, mengatakan Iran dan Arab Saudi memainkan peran penting dalam perkembangan regional.
Iran mengejar kebijakan luar negeri yang bijaksana, kata pejabat China,

menambahkan bahwa negaranya akan berupaya memberikan kontribusi mempromosikan perdamaian dan keamanan.

Dia juga menyatakan kesiapan penuh Beijing untuk memperkuat hubungan dengan Teheran dan mengatakan Presiden China berencana untuk mengunjungi Iran dalam waktu dekat untuk pertama kalinya setelah 14 tahun.

(Mahdi-News/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 10 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Zarif: Iran Bersabar Menghadapi Tindakan Negatif Saudi. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/zarif-iran-bersabar-menghadapi-tindakan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS