Ayatullah Jawadi Amuli: Jalan Terbaik untuk Mengenal Imam Zaman afs


Mengenal Imam Zaman afs memiliki beberapa tingkatan yang pengaruhnya bukan dalam menghapus pemikiran jahiliyah dan menghilangkan fanatisme, karena pengaruh setiap tingkatan itu berbeda-beda.

Shabestan News Agency, mufassir ternama Ayatullah Jawadi Amuli terkait masalah jalan terbaik untuk mengenal Imam Zaman afs mengatakan :

Mengenal Imam Zaman afs memiliki beberapa tingkatan yang pengaruhnya bukan dalam menghapus pemikiran jahiliyah dan menghilangkan fanatisme, karena pengaruh setiap tingkatan itu berbeda-beda, sebagai contoh mengenal biografi Imam Zaman afs, mengetahui tanggal kelahiran, masa gaib sughra dan kubra dan semisalnya, sampai kapanpun tidak akan pernah sama dengan mengenal makna hakiki Imamah dan mengenal hakikat wilayat.

Manusia, terkadang jika ingin mengenal Tuhannya melalui perantara yang ada di alam semesta dan terkadang juga melalui tanda-tanda yang ada dalam dirinya, dan pada tingkatan lainnya Allah swt dikenal melalui jalan wujud dirinya dan juga menjadi saksi, sebagaimana dalam Al-Qur’an disebutkan “Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?”.

Dalam ayat tersebut kata Syahiid dalam istilah ilmu sharaf atau grammar bahasa arab memiliki bentuk seperti kata Faiil yakni bermakna maf’ul atau yang dikenai pekerjaan bukan pelaku, karena jika fa’il bermakna Syahid yakni Allah swt saksi segala sesuatu maka Dia tidak perlu kepada tanda-tanda alam semesta dan diri-diri manusia.

Dengan begitu, kata Syahiid dalam ayat ini bermakna masyhuud artinya yang disaksikan, sehingga akan menjadi jelas bahwa “untuk mengenal dzat yang haq tidak perlu kepada tanda-tanda alam semesta dan diri kalian, karena haq berada dalam tingkatan zuhur dan syuhud.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 27 Juli 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Ayatullah Jawadi Amuli: Jalan Terbaik untuk Mengenal Imam Zaman afs. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/07/ayatullah-jawadi-amuli-jalan-terbaik.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS