National Intersat: Kesepakatan Nuklir Telah Hangus


Satu tahun lalu, Iran dan negara-negara anggota 5+1 berhasil memperoleh sebuah kesepakatan komprehensif untuk keluar dari jalan buntu yang telah menutup Iran dari pasar dunia selama satu dasawarsa. Akan tetapi, kesepakatan ini sekarang telah mengalami kegagalan.

Kesepakatan nuklir tersebut sungguh luar biasa. Dalam kesepakatan ini, Iran telah mengurangi aktifitas nuklir secara signifikan. Sebagai imbalan, sanksi internasional pun telah dicabut.

Akan tetapi, di hari-hari ini kesepakatan nuklir Iran mengalami masalah. Amerika masih mencegah bank-bank untuk melakukan transaksi dengan Tehran. Boeing pun tidak berhasil menuntaskan penjualan pesawat kepada Iran.

Satu-satunya fenomena yang terjadi setelah kesepakatan nuklir tersebut adalah penjualan air berat sebanyak 32 ton kepada Washington, dan hal ini pun dibenarkan oleh Tehran.

Sepertinya pihak Barat tidak berkomitmen terhadap kesepakatan nuklir dengan Tehran. Menurut para analis, kesepakatan nuklir Iran memang berhasil mencegah efek buruk dari perang besar yang bisa mengguncang Timur Tengah. Akan tetapi, kita tidak bisa berharap banyak kepada kesepakatan ini. Karena Tehran dalam setahun ini tidak berhasil menggapai apa yang telah dicanangkan.

(National-Intersat/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 27 Juli 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul National Intersat: Kesepakatan Nuklir Telah Hangus. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/07/national-intersat-kesepakatan-nuklir.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS