Kubah Makam Suci Alawi Akan Segera Launching


Proyek renovasi tembok kubah makam Alawi rampung dengan pemasangan bata lapisan emas terakhir, oleh pengurus makam suci Imam Ali (As) dan dalam proses launching.

Menurut laporan IQNA seperti dikutip dari situs makam suci Alawi, Sayyid Nizar Hablul Matin, dengan hadir di tempat proyek renovasi tembok kubah makam Alawi, memasang bata lapisan emas kubah.

Sayyid Nizar Hablul Matin mengatakan, hari Sabtu (26/11) adalah hari terakhir proyek renovasi tembok kubah suci dan kami memasang bata lapisan emas terakhir di kubah suci.

"Proyek ini dimulai pada bulan pertama tahun 2016 dan kemarin dilaunching dengan pemasangan bata terakhir,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sayyid Nizar Hablul Matin sambil mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh staf proyek ini, khususnya kepada lembaga Kautsar, yang berafiliasi dengan Departemen Pembangunan Atabat Aliayh di Republik Islam Iran, yang menjadi pembina dan pelaksana proyek tersebut dan mengatakan, proses renovasi dan pelapisan emas bata-bata lama berdasarkan metode-metode ilmiah dan modern.

Pengurus makam suci Alawi mengharap seluruh tahap penyiapan tembok kubah lainnya seperti pembersihan debu dan perancah (scaffolding) akan rampung pada hari-hari mendatang, sehingga tempat untuk penyelenggaraan launching pada tanggal 17 Rabiul Awwal akan siap.

Lebih lanjut, Muntadzir al-A’raji, pengurus pengawas proyek renovasi kubah mengungkapkan, proyek renovasi tembok kubah suci termasuk salah satu proyek terbesar dan terpenting makam suci Alawi dalam satu tahun lalu dan di situ menggunakan emas 105 kg 24 karat dan di setiap batanya menggunakan 15-20 gram emas.

Ia menambahkan, jumlah putaran diameter kubah adalah 76 cincin dan tahap-tahap proyek dibagi menjadi empat bagian: tahap pertama pemisahan bata dari tembok kubah dan membuang plaster dan sedimen lama dan merenovasi ujung-ujung bata yang rusak. Tahap kedua, bata dicuci dengan bahan pencuci khusus dan pada tahap ketiga dengan metode elektrik oleh para pakar handal pelapisan emas dan dengan metode ini, emas akan lebih tahan lama terhadap panas dan dingin. Tahap keempat dan akhir juga adalah tahap pemasangan bata, yang dilakukan dengan mendetail.

Al-A’raji di penghujung mengatakan, pelapisan emas tembok kubah mencakup 9217 bata, dan tidak ada perubahan di bagian ini, guna menjaga aspek histori kubah suci dan hanya semata-mata pelapisan emas.







(IQNA/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 28 November 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Kubah Makam Suci Alawi Akan Segera Launching. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/11/kubah-makam-suci-alawi-akan-segera.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS