Empat Warisan Mbah Hasyim Asy’ari Yang Perlu Dikembangkan

Seminar pemikiran KH Hasyim Asyari (Foto: GATRAnews)

Ada empat warisan besar KH. Hasyim Asy’ari yang perlu dikembangkan secara kontekstual dalam menjawab tantangan globalisasi. Yaitu, kewirausahaan dan kemandirian ekonomi, semangat nasionalisme, pendidikan berorientasi pada ilmu terapan dan tradisi penulisan ilmiah.

Melansir dari gatra.com, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi menyambut baik tekad Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng yang akan mengembangkan sejumlah warisan pemikiran besar KH Hasyim Asy’ari.

Sebagaimana terekam dalam sejarah, lanjut Yudian, tengah kesibukan Mbah Hasyim membimbing santri dan berdakwah, beliau tetap melakukan aktivitas ekonomi. “Bahkan, salah satu pilar NU adalah terbentuknya Nahdlatut Tujjar (Kebangkitan Kaum Saudagar),” tegas alumni Pondok Pesantren Tremas Pacitan ini.

“Soal pendidikan, kita bisa lihat, misalnya, putra KHA Wahid Hasyim hanya Gus Dur yang sepertinya disiapkan jadi kiai. Dua adik beliau mengambil studi ilmu terapan. Gus Sholah studi arsitektur dan Gus Umar belajar kedokteran,” ungkapnya.

Dua warisan Mbah Hasyim lainnya terkait semangat nasionalisme dan budaya menulis juga sudah banyak dikaji dan diteliti. “Karena itu, Unhasy harus mengembangkan program academic writing agar dapat bersaing di kancah global,” tutur pendiri Pesantren Nawesea Yogyakarta ini di hadapan peserta seminar Kontekstualisasi Pemikiran KHM Hasyim Asy’ari dalam Fenomena Global yang digelar Unhasy, Sabtu 30 Juli 2016

Terkait dengan kemunduran umat, Yudian ebih disebabkan konflik internal dan ketertinggalan mereka dalam ilmu terapan. “Keruntuhan Khilafah Utsmaniyah di Turki itu lebih disebabkan teknologi militer mereka sudah tertinggal jauh. Karena meninggalkan ilmu terapan, kita juga sudah cukup lama tergilas revolusi industri,” paparnya.

Karena itu dirinya membantah membantah jika ada pihak yag menuding tasawuf dan tarekat menjadi penyebab kemunduran umat Islam.

“Justru, karena pengaruh tasawuf dan tarekat, penduduk nusantara yang semula mayoritas beragama Hindu berubah menjadi kawasan dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” tandasnya.

(GATRA-News/Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 03 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Empat Warisan Mbah Hasyim Asy’ari Yang Perlu Dikembangkan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/empat-warisan-mbah-hasyim-asyari-yang.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS