Khamenei Sebut Kesepakatan Nuklir Tak Untungkan Iran

Pemimpin tertinggi spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei menuturkan, kesepakatan nuklir antara Iran dan lima kekuatan dunia sejauh ini tidak memberikan keuntungan apapun pada Teheran. (Foto: Al Arabiya)

Pemimpin tertinggi spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei menuturkan, kesepakatan nuklir antara Iran dan lima kekuatan dunia sejauh ini tidak memberikan keuntungan apapun pada Teheran. Buktinya, banyak sanksi masih diterapkan pada Iran paska dicapainya kesepakatan itu.

"Bukankah sanksi seharusnya dicabut untuk mengubah kehidupan orang-orang? Apakah efek nyata terlihat dalam kehidupan masyarakat setelah enam bulan?, tanya Khamenei, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (1/8).

Khamenei mengatakan, penyebab utama masih belum terasanya dampak kesepaatan tersebut adalah sikap yang ditujukkan oleh Amerika Serikat (AS). Dia menyebut AS terus menggagalkan hubungan ekonomi Iran dengan negara-negara lain, meskipun telah adanya kesepakatan itu.

Dia mengatakan, Teheran tidak akan menerima pembicaraan lebih lanjut dengan Washington. Sebab, munculnya apa yang ia sebut sebagai pelanggaran kesepakatan, meskipun ia sebelumnya mengesampingkan negosiasi lebih lanjut dalam pidato lainnya.

Kesepakatan yang mulai berlaku pada bulan Januari itu berisi pembatasan program nuklir yang tengah dikembangkan Iran. Dimana sebagai imbalan negara-negara kekuatan dunia, termasuk AS, akan mengangkat beberapa sanksi yang selama ini membelenggu Iran.

(Al-Arabiya/Sindo-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 03 Agustus 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Khamenei Sebut Kesepakatan Nuklir Tak Untungkan Iran. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/08/khamenei-sebut-kesepakatan-nuklir-tak.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS