Remaja Masjid Jember Ini Bantu Perayaan Natal

Misa Natal Katedral (Foto: ANTARA)

Suasana toleransi beragama sangat terasa saat perayaan Natal di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat.

“Sudah biasa teman-teman remaja masjid membantu perayaan Natal di Gereja HKBP karena perbedaan agama bukan penghalang untuk saling membantu,” kata seorang remaja Masjid Luhur Al Manshurin, Hadi Masbullah di Jember, Jumat 25 Desember 2015.

Letak Gereja HKBP Sumbersari tersebut juga berdekatan atau berjarak sekitar 10 meter dengan sebuah Masjid Luhur Al-Manshurin, sehingga pengurus gereja dan pengurus masjid selalu saling membantu kelancaran ibadah mereka masing-masing.

“Toleransi beragama yang telah terbina di sini sudah sejak lama, sehingga saat perayaan Natal maka warga muslim ikut membantu kelancaran Natal di gereja. Begitu juga saat Lebaran, warga Kristiani juga membantu umat muslim menyiapkan ibadah Hari Raya Idul Fitri,” paparnya.

Ia menjelaskan, pengurus dan remaja masjid membantu menjaga keamanan, menerima tamu di gereja, dan membantu menyediakan berbagai keperluan perayaan Natal di Gereja HKBP.

“Kami sangat senang dan bangga bisa membantu umat Nasrani dalam perayaan Natal karena toleransi antarumat beragama harus tetap dijaga,” katanya.

Sementara Pendeta Gereja HKBP, R. Tambunan mengatakan pihaknya menyambut baik bantuan pengurus dan remaja masjid yang membantu kelancaran perayaan Natal karena selama ini kerukunan antarumat beragama di sekitar gereja terpelihara dengan baik.

“Kami sangat terbuka terhadap keberagaman antarumat beragama dan kami juga mempersilahkan pengurus masjid menggunakan fasilitas gereja untuk kegiatan keagamaan atau sosial,” tuturnya.

Ia menjelaskan keindahan kebersamaan dan tingginya toleransi beragama tetap dijunjung tinggi, meskipun terdapat perbedaan keyakinan karena berbeda agama bukan menjadi halangan untuk tetap saling membantu.

“Saya mengucapkan terima kasih terhadap warga muslim yang membantu perayaan Natal di Gereja HKBP karena suasana tersebut membawa kedamaian dan kesejukan bagi umat beragama,” katanya.

(Satu-Islam/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 27 Desember 2015

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Remaja Masjid Jember Ini Bantu Perayaan Natal. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2015/12/remaja-masjid-jember-ini-bantu-perayaan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS