Wamenlu Iran: Keselamatan Sheikh Zakzaky Penting bagi Dunia Islam


Wakil Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran untuk Urusan Arab dan Afrika mengatakan, mengetahui nasib Sheikh Ibraheem Zakzaky, Pemimpin Gerakan Islam Nigeria merupakah hal yang sangat penting bagi dunia Islam dan Iran.

Hossein Amir-Abdollahian mengatakan hal itu pada Senin (14/12/2015) ketika menyinggung pembantaian terhadap puluhan warga Muslim Syiah Nigeria dan pembicaraan telepon antara Mohammad Javad Zarif, Menlu Iran dan sejawatnya di Nigeria, Geoffrey Onyeama.

"Keselamatan Sheikh Zakzaky tentunya akan menjadi penekanan bangsa dan rakyat Muslim Nigeria dan dunia Islam supaya terhapus kekhawatiran," imbuhnya.

Ia juga menyinggung hubungan baik antara Tehran dan Abuja dan kunjungan terbaru Presiden Nigeria ke Iran.

Melalui pemanfaatan suasana positif hubungan bilateral, kata Amir-Abdollahian, maka pemerintah Nigeria diingatkan untuk bertanggung jawab terhadap insiden penyerangan terhadap warga Muslim Syiah di negara itu.

Serangan terpisah militer Nigeria ke rumah Sheikh Ibraheem Zakzaky, Pemimpin Gerakan Islam Nigeria dan Huseniyyah Baqiyatullah telah merenggut nyawa dan melukai ratusan orang.

Militer Nigeria membunuh Malama Zeenat Ibraheem dan Sayid Ali, masing-masing istri dan putra Zakzaky dalam penyerbuan ke rumah ulama terkemuka Syiah ini.

Tentara Nigeria juga membunuh beberapa anggota senior Gerakan Islam Nigeria termasuk Sheikh Muhammad Turi, Dr. Mustapha Sa'id, Malam Ibrahim Usman dan Jummai Gilima serta membantai 35 orang lainnya.

Pada tahun lalu, puluhan warga Muslim Syiah Nigeria juga dibunuh hanya karena mengikuti pawai akbar Hari al-Quds Internasional.

(IRIB-Indonesia/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 27 Desember 2015

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Wamenlu Iran: Keselamatan Sheikh Zakzaky Penting bagi Dunia Islam. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2015/12/wamenlu-iran-keselamatan-sheikh-zakzaky.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS