Fenomena Ustadz Artis


Oleh: Muhammad Zazuli

Awal tahun 1990 dia gagal kuliah karena hobi balap motor. Tahun 1996 dia masuk penjara karena bisnis gagal dan ngemplang utang ga bisa bayar. Tahun 1998 dia kembali masuk bui karena kasus yang sama. Setelah banting setir jadi ustadz dia justru meraih sukses dan dikenal banyak orang. Tapi insting bisnisnya lebih kuat daripada insting agamanya. Bahkan ceramah sedekahnyapun selalu diembel-embeli dengan dorongan atau niat agar dapat kembalian 10 kali lipat dari Allah katanya. Banyak orang yang percaya begitu saja padanya.

Tahun 2012 dia kembali tawarkan proyek investasi Hotel yang kemudian ternyata gagal dan tak jadi beroperasi. 2.029 investor yang telah salurkan dana 24,3 milyar resah karena modal dan keuntungan tak kunjung didapat. Entah bagaimana kasus ini bisa selesai. Mungkin dia nyicil kembalikan modal atau investor dipaksa ikhlas dengan embel-embel dan alasan sedekah dengan aneka ceramahnya.

Tidak kapok dengan kasus-kasus sebelumnya, tahun 2014 dia kembali bikin investasi Condotel Moya Vidi, di Jogja. Melalui PT Veritra Sentosa Internasional (VSI), perusahaan yang mengeluarkan produk PayTren, dia menyatakan akan membeli 200 kamar di condotel yang belum dibangun itu dan butuh 59.800 sertifikat investasi untuk menuntaskan pembelian 200 kamar itu. Total uangnya Rp. 161,5 miliar.

Tapi ternyata investasi condotel itu dibatalkan karena dana kurang. OJK pun turut berkomentar soal penggalangan dana masyarakat yang dilakukannya yang dianggap sebagai praktek ilegal. Kini dia menghadapi kemungkinan masalah hukum. Info terbaru, bahkan kini kepolisian sudah meningkatkan status hukumnya dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Ternyata “jangan mau ditipu pake….” masih jadi nasehat yang relevan. Ada yang mencampuradukkan agama dengan politik demi mencapai tujuan tertentu. Ada pula yang mencampuradukkan agama dengan bisnis dengan tujuan tertentu pula, Semoga semua kejadian ini membuat kita berpikir kritis dan jangan mau kembali “ditipu pake….”

Salam Waras

(suaraislam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 10 September 2017

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Fenomena Ustadz Artis. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2017/09/fenomena-ustadz-artis.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS