Meski Diembargo Militer Iran Tetap Kuat


Tujuan embargo adalah untuk melemahkan Iran, khususnya militer Iran. Namun tidak seperti yang diduga, militer Iran masih tetap kuat meski hingga saat ini embargo berjalan.

Embargo gila-gilaan yang diberlakukan terhadap Iran terus berjalan hingga saat ini. Amerika dan sekutunya tentu mengharap Iran semakin hari akan semakin lemah dengan embargo mereka. Namun nyatanya mereka salah duga.

Kemajuan di berbagai bidang disaksikan oleh bangsa ini, salah satunya kemajuan militer Iran. Menurut The Strategy Page, salah satu media berita Amerika, di akhir tahun 2015 Iran telah menghabiskan 80,000 jam kerja untuk memperbaiki pesawat-pesawat jet mereka, termasuk F-14 Tom Cat yang dimiliki Iran sejak revolusi.

Belum lama ini, kapal Iran melepaskan tembakan peringatan terhadap kapal tanker berbendera Singapura yang dituduh merusak rig pengeboran minyak Iran di Selat Homuz. Manuver kapal militer Iran itu membuat kapal kapal Singapura melarikan diri. Manuver Iran itu menjadi cara negara itu untuk menunjukkan pengaruhnya di kawasan Teluk.

Sedangkan dalam “konfrontasi” dengan Arab Saudi terkait krisis Yaman, Tehran telah blak-blakan mengecam Koalisi Arab Saudi yang membombardir pemberontak Houthi yang selama ini dianggap sekutu Iran.

Kapal Iran, Shahed, juga telah menguji blokade Koalisi Arab Saudi terhadap seluruh perairan Yaman. Buktinya, kapal yang diklaim Iran membawa bantuan kemanusiaan itu sukses masuk ke Yaman melalui pelabuhan Hudayda di Laut Merah. Sebelum kapal itu masuk, para pejabat Iran sudah mengancam perang jika kapal pengirim bantuan itu diserang.

”Langkah-langkah Iran baru-baru ini di Selat Hormuz memiliki satu pesan yang jelas ke Arab Saudi. Tidak ada yang bisa mengabaikan peran kunci Iran,” kata seorang pejabat Iran, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena isu itu sensitif, sebagaimana dilansir Reuters.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Kamis, 31 Desember 2015

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Meski Diembargo Militer Iran Tetap Kuat. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2015/12/meski-diembargo-militer-iran-tetap-kuat.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS