Iran dan Republik Ceko Lakukan Kerja Sama Nuklir


Iran dan Republik Ceko berkehendak untuk memperluas kerja sama teknis dan keamanan di bidang nuklir. Di samping bidang ini, bidang perdagangan juga menjadi acuan kerja sama kedua negara.

Untuk sekarang ini, Republik Ceko dan Republik Islam Iran sedang melakukan hubungan perniagaan senilai 35 juta dolar. Setelah embargo ilegal Barat atas Iran dicabut, nilai ini bisa bertambah menjadi 350 juta dolar.

Sebelum ini, Iran dan Cekoslovakia pada tahun 1995 lalu pernah memiliki hubungan ekonomi yang sangat mapan. Akan tetapi, hubungan ini mengalami penurunan lantaran perubahan orientasi Iran terhadap Eropa dalam rentang waktu tahun 2005 hingga 2013.

Sehubungan dengan kerja sama nuklir, Republik Ceko telah mengundang Ali Akbar Salehi, kepala Badan Energi Atom Iran, untuk berkunjung ke Praha guna membincangkan kerja sama ini lebih lanjut.

Selain bidang nuklir, kerja sama di bidang industri petrokimia juga termasuk item utama kerja sama Ceko dan Iran. Industri mobil juga dilirik oleh Iran. Ada kemungkinan perusahaan mobil Škoda Auto yang merupakan anak cabang perusahaan mobil Volkswagen Jerman akan melakukan perundingan di Tehran.

Menurut Kementerian Ekonomi Ceko, kerja sama di bidang suku cadang pesawat terbang juga akan dibuka.

Sebelum ini, Menteri Ekonomi Ceko juga telah berkunjung ke Tehran guna membicarakan kerja sama energi dengan para petinggi Iran.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 07 Februari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Iran dan Republik Ceko Lakukan Kerja Sama Nuklir. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/02/iran-dan-republik-ceko-lakukan-kerja.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS