168 warga Indonesia korban haji ilegal kembali ke Indonesia

Sebanyak 110 calon jemaah haji Indonesia korban penipuan itu akan turun di Makassar karena 95 orang asal Sulawesi dan 15 lainnya dari Kalimantan Timur, selebihnya bakal turun di Jakarta.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Faisal Assegaf/Albalad.co)

Setelah pertemuan antara perwakilan pemerintah Indonesia dan Filipina di Manila, akhirnya 168 dari 177 warga negara Indonesia dapat dipulangkan ke Indonesia mulai hari ini.

"Dari 177 warga negara Indonesia, 168 sudah dalam status sekarang per menit ini adalah siap untuk dipulangkan," kata Retno dalam jumpa pers di sela lawatan Presiden Joko Widodo menghadiri konferensi G-20 di Hangzhou, Cina, seperti dilansir siaran pers kantor Sekretariat Presiden hari ini. Sedangkan sembilan orang lainnya, menurut dia, masih belum bisa dipulangkan karena pihak Filipina memerlukan informasi dari mereka.

Sebanyak 177 calon jamaah haji Indonesia itu ditangkap di Bandar Udara Internasional Ninoy Aquino bulan lalu, setelah ketahuan menggunakan paspor Filipina. Mereka dicurigai karena tidak bisa berbahasa setempat dan hanya berbicara dalam bahasa Inggris.

Proses pemulangan 168 warga negara Indonesia itu direncanakan menggunakan maskapai penerbangan Air Asia dari Manila menuju Jakarta melalui Makassar. Duta Besar Indonesia untuk Filipina Johny Lumintang akan mengawal langsung pemulangan ini.

Sebanyak 110 calon jemaah haji Indonesia korban penipuan itu akan turun di Makassar karena 95 orang asal Sulawesi dan 15 lainnya dari Kalimantan Timur, selebihnya bakal turun di Jakarta.

"Jadi masalah 177 warga negara Indonesia sebagian besar sudah dapat diselesaikan dengan kepulangan 168 orang tersebut dan setibanya mereka langsung diserahterimakan kepada pemerintah daerah setempat," ujar Retno.

(Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 05 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul 168 warga Indonesia korban haji ilegal kembali ke Indonesia. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/168-warga-indonesia-korban-haji-ilegal.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS