Tim ICC Selidiki Kejahatan Kemanusiaan Israel di Palestina

Pengadilan internasional (ICC) akan menyelidiki kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel di Palestina. (Foto: Istimewa)

Menteri Luar Negeri Palestina, Riad Malki mengatakan bahwa delegasi dari Kantor Kejaksaan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) akan segera mengunjungi wilayah Palestina. Kedatangan mereka untuk menyelidiki kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel.

Malki mengatakan delegasi akan bertemu dengan para pejabat Palestina untuk memberikan laporan singkat upaya Fatou Bensouda, jaksa ICC, terkait dengan pemeriksaan awal file yang diajukan Palestina 20 bulan lalu.

Malki mengatakan Palestina sedang mempersiapkan diri untuk kunjungan penting ini. Pihaknya akan memberikan laporan detail yang bisa mempercepat penyelidikan awal pengadilan terkait kejahatan terhadap kemanusiaan Israel seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (4/9/2016).

Sementara itu, radio publik Israel mengabarkan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tengah mempertimbangkan memungkinkan perwakilan dari Kejaksaan ICC untuk mengunjungi negara Zionis itu dan wilayah Palestina dalam beberapa minggu mendatang. Namun, Netanyahu belum membuat keputusan akhir.

Harian Israel, Haaretz mengutip sumber anonim mengatakan, kunjungan delegasi ICC dilatar belakangi pengaduan Palestina terhadap kegiatan pemukiman Israel dan serangan militer ke Gaza pada pertengahan 2014.

Sumber tersebut mengatakan Israel tidak memiliki sesuatu untuk disembunyikan. Israel akan memberikan laporan singkat kepada delegasi yang bertugas untuk membuktikan bahwa The Hague tidak perlu melakukan intervensi menanggapi aduan Palestina.

(Xinhua/Sindo-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 05 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Tim ICC Selidiki Kejahatan Kemanusiaan Israel di Palestina. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/tim-icc-selidiki-kejahatan-kemanusiaan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS