Shalat dhuha dalam Syiah Imamiah adalah bid’ah? Rasulullah Saw Sama Sekali Tidak Pernah Melakukan Shalat Dhuha


Kalangan Ahlu Sunah secara umumnya menyebutkan adanya shalat yang disebut shalat dhuha. Yaitu shalat yang dilakukan saat matahari mulai “naik ke atas”. Bagi madzhab Syiah Imamiah, shalat dhuha adalah bid’ah, karena nabi tidak pernah memberikan perintah untuk itu.

Bakir bin A’yan meriwayatkan dari Imam Baqir as dan berkata: Rasulullah saw sama sekali tidak pernah melakukan shalat dhuha.

Abdul Wahid bin Mukhtar Anshari meriwayatkan dari Imam Muhammad Baqir as: Aku bertanya pada beliau tentang shalat dhuha. Ia menjawab: Orang-orang pertama yang melakukan shalat itu adalah kaummu sendiri (yakni Abu Hurairah dan pengikut-pengikutnya) dan mereka termasuk orang-orang yang tersesat dan tak tahu apa-apa; padahal Rasulullah saw tidak pernah melakukan shalat tersebut.

Diriwayatkan pula bahwa pada suatu hari Imam Ali as lewat di dekat orang yang melaksanakan shalat dhuha. Lalu beliau bertanya kepada lelaki itu: Shalat apakah itu? Ia menjawab: Wahai Amirul Mukminin, apakah aku tidak boleh melakukannya? Imam menjawab: Apakah aku mencegah orang yang melakukan shalat? (yakni jika shalat itu benar apa mungkin aku melarangnya?)

Zurarah meriwayatkan dari Imam Baqir as: Rasulullah saw sama sekali tidak pernah melakukan shalat dhuha.

[Man laa yahdhuruhul faqih, terjemahan Ghafari, jil 2, hal 295]

(Hawzah/Hauzah-Maya/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Senin, 05 September 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Shalat dhuha dalam Syiah Imamiah adalah bid’ah? Rasulullah Saw Sama Sekali Tidak Pernah Melakukan Shalat Dhuha. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/09/shalat-dhuha-dalam-syiah-imamiah-adalah.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS