Adil Al-Jubair: Riyadh Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Tehran


Arab Saudi menyatakan telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran. Riyadh meminta supaya seluruh pegawai Iran di Kedubes meninggalkan tanah Arab Saudi selama 24 jam.

Adil Al-Jubair, Menteri Luar Negeri Arab Saudi, dalam sebuah jumpa pers memberitakan serangan terhadap Kedubes dan konsulat Riyadh di Iran. Ia mengklaim, pihak keamanan Iran tidak melakukan usaha apapun untuk mencegah pelanggaran para demonstran terhadap Kedubes dan konsulat Saudi.

Adil Al-Jubair menegaskan, serangan terhadap sebuah kedubes adalah sebuah pelanggaran terhadap undang-undang internasional. Hal ini telah dilaporkan kepada Dewan Keamanan PBB.

“Pemerintah Iran memiliki rapor panjang dalam melanggar delegasi-delegasi diplomatik,” ujar Al-Jubair.

Al-Jubair menukaskan, pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran diambil dalam rangka menjamin kepentingan negara.

Al-Jubair mengaku menghormati keputusan pengadilan yang diambil oleh negara-negara dan tidak pernah melakukan campur tangan. Iran mendukung Al-Qa‘idah dan terorisme.

Menurut laporan Al-Arabiyah, para diplomat Saudi telah meninggalkan Tehran menuju Dubai, dan dari Dubai, mereka akan berangkat ke Riyadh.

(Fars-News/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 06 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Adil Al-Jubair: Riyadh Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Tehran. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/adil-al-jubair-riyadh-putuskan-hubungan.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS