Saudi: Kami Bukan Musuh Alami Iran (Ucapan Saudi Penuh Kedustaan)


Arab Saudi mengatakan pada Senin (4/1), hubungannya dengan Iran bisa pulih dengan syarat Teheran berhenti campur tangan dengan urusan negara lain. Dilomat Saudi menyatakan Saudi bukanlah musuh alami Iran.

Saudi memotong semua hubungannya dengan Iran pada Ahad (3/1) malam, setelah pengunjuk rasa menyerang kedutaan besar Saudi di Teheran. Penyerangan dilakukan setelah kerajaan mengeksekusi ulama Syiah terkemuka Nimr Al-Nimr.

Saat diyanya apa syarat pemulihan hubungan Saudi dengan Iran, Duta Besar Saudi untuk PBB Abdallah Al-Mouallimi mengatakan Iran harus menghentikan campur tangannya pada urusan internal negara lain.

"Sangat sederhana, Iran berhenti campuri urusan internal negara lain termasuk kami. Jika mereka melakukannya, kami akan memiliki hubungan normal dengan Iran. Kami bukan musuh alami Iran," ujarnya.

Pada Senin, Bahrain dan Sudan juga memutus semua hubungan dengan Iran. Menteri Luar Negeri Saudi Adil Al-Jubeir mengatakan kepada Reuters, Riyadh juga akan menghentikan lalu lintas udara dan hubungan komersial lain dengan Iran.

Jubeir menyalahkan kebijakan agresif Iran atas tindakan diplomatik yang diambil Saudi. Hal ini menyinggung bertahun-tahun ketegangan kedua negara.

Sementara itu Iran menuduh Saudi menggunakan serangan terhadap kedutaan sebagai alasan untuk memutuskan hubungan. Keputusan Saudi tersebut menurut Iran justru meningkatkan ketegangan sektarian.

Menanggapi meningkatnya ketegangan Iran-Saudi, Amerika Serikat dan Jerman menyerukan keduanya untuk menahan diri. Sedangkan Rusia menawarkan menengahi sengketa kedua negara. Tapi Pejabat Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Iran dan Saudi harus mengatasi masalah mereka sendiri.

(Republika/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Rabu, 06 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Saudi: Kami Bukan Musuh Alami Iran (Ucapan Saudi Penuh Kedustaan). Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/saudi-kami-bukan-musuh-alami-iran.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS