Masjid Terindah Dunia di Rusia


Masjid Qul Syarif termasuk salah satu masjid terindah dunia yang berada di Rusia dan merupakan peninggalan arsitektur negara federal ini.

Nama masjid ini diambil dari nama imam masjid terakhir yang bernama Qul Syarif. Ia adalah seorang ulama, penyair, politikus, dan komandan pertahanan kota Kazan. Ia tewas selama kota ini dijajah oleh Rusia pada tahun 1552. Ia salah salah seorang cucu Rasulullah saw.

Dalam penyerangan terhadap kota Kazan pada tahun 1552, masjid ini mengalami kerusakan parah dan direnovasi pada tahun 1996. Lalu diresmikan pada Juni 2005 lalu.

Masjid Qul Syarif dibangun dalam dua tingkat. Salah satu tingkat diperuntukkan sebagai tempat salat dan tingkat yang lain digunakan sebagai museum Islam.

Kubah Masjid Qul Syarif berukuran seluas 39 meter dan empat menaranya berketinggian masing-masing 57 meter. Muslimin Tatar menanggung mayoritas dana yang digunakan untuk membangun masjid ini.

Menurut sebagian ahli, arsitektur Masjid Qul Syarif bergaya arsitektur Bulgaria. Akan tetapi, komponen-komponennya bergaya arsitektur Utsmaniah dan Renaisance.

Masjid Qul Syarif juga dilengkapi dengan sekolah Islam dan sebuah perpustakaan.

(Akhbar-Al-Yawm/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Sabtu, 09 April 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Masjid Terindah Dunia di Rusia. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/04/masjid-terindah-dunia-di-rusia.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS