Pakistan dan Iran Sepakat Kerja Sama Keamanan Perbatasan


Para petinggi wilayah Baluchestan Iran dan Pakistan menggelar pertemuan untuk memperluas kerja sama keamanan perbatasan dan perdagangan hari ini.

Pertemuan ini digelar selama tiga hari di area Baluchestan Pakistan. Tema keamanan perbatasan untuk memindahkan produk antar kedua negara dikupas dan dibicarakan bersama.

Iran memiliki perbatasan yang sangat luas dengan Pakistan. Keamanan senantiasa menjadi komponen utama perbincangan kedua belah pihak. Kelompok-kelompok teroris dalam beberapa tahun terakhir senantiasa menggunakan tanah Pakistan untuk menghantam Iran.

Penyelundupan bahan bakar adalah tema kedua yang dibicarakan oleh Iran dan Pakistan dalam pertemuan ini. Sesuai kesepakatan, kedua belah pihak akan melakukan investasi sebesar 5 milyar dolar untuk menghentikan aksi penyelundupan bahan dari kedua arah.

Kedua belah pihak juga menekankan akan membangun rel kereta api yang bisa menyambungkan Pakistan dengan dermaga Chabahar. Sesuai kesepakatan, budget untuk lahan ini akan ditanggung bersama.

Perlu diketahui, dari sejak tahun 2013 lalu, hubungan antara Islamabad dan Tehran telah memasuki babak baru. Aneka kunjungan telah dilakukan oleh kedua belah pihak guna memperkokoh hubungan ini.

Dalam ranah politik, ada satu poin yang harus kita camkan bersama. Pakistan menolak untuk bergabung dengan koalisi yang telah dibentuk oleh Arab Saudi untuk agresi ke Yaman. Islamabad memiliki kebijakan yang sangat dekat dengan Iran dalam menilai dan menyikapi masa depan Suriah.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Minggu, 31 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Pakistan dan Iran Sepakat Kerja Sama Keamanan Perbatasan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/pakistan-dan-iran-sepakat-kerja-sama.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS