Filsafat Mandi Jumat Menurut Imam Shadiq


Mandi Jumat termasuk sebuah ajaran yang diterima oleh seluruh aliran Islam. Para tokoh Islam juga sangat menganjurkan supaya Muslimin melakukan mandi ini.

Dalam sebuah hadis, Imam Ja‘far Shadiq as pernah berkata, “Mandi Jumat adalah sebuah sunnah yang sangat dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan, baik pada saat berada di rumah maupun ketika sedang bepergian.”

Dalam hadis lain, Imam Shadiq as juga pernah berpesan, “Mandi Jumat bisa membersihkan tubuh dan juga menjadi kafarah dosa dari satu Jumat hingga Jumat yang lain.”

Mengapa mandi Jumat sangat dianjurkan? Imam Shadiq as bertutur, “Kaum Anshar sibuk mengurus unta dan seluruh harta benda selama satu minggu penuh. Ketika hari Jumat tiba, mereka datang ke masjid dengan badan mereka yang kotor itu, dan Rasulullah saw pun merasa terganggu dengan bau ketiak mereka. Untuk itulah, mandi Jumat disunnahkan.”

Selain mandi Jumat, Rasulullah saw juga melaksanakan mandi di Hari Raya Idul Fitri dan di hari-hari raya yang lain.

(Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Jumat, 25 Desember 2015

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Filsafat Mandi Jumat Menurut Imam Shadiq. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2015/12/filsafat-mandi-jumat-menurut-imam-shadiq.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS