Masjid City Kinabalu Miliki Laguna Buatan


Masjid City merupakan masjid terbesar di Kota Kinabalu, bahkan mungkin yang paling indah di Malaysia karena masjid ini memiliki laguna buatan manusia yang mengelilinginya memberikan tampilan tenang dan cantik serta romantis pada masjid, apalagi ketika malam bulan purnama.

Untuk itu, Masjid Kota Kinabalu menjadi pusat percontohan di Malaysia. Berdiri di atas tanah seluas 2,47 hektare di Teluk Likas, masjid ini mampu menampung sekitar 12 ribu jamaah secara bersama dalam satu waktu. Masjid dengan arsitektur kontemporer Islam ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas.

Selain fasilitas tempat shalat dan doa, masjid ini juga memiliki tiga madrasah, perawatan klinik, dan beberapa spot untuk ATM.

Di antara beberapa fasilitas yang terdapat di masjid, hanya ruangan utama yang memiliki luas paling besar. Luasnya ruangan ini sudah terlihat ketika berada di lobi utama masjid yang dilapisi lima pilar dengan lengkungan yang saling menyambung. Lengkungan-lengkungan ini jika dilihat dari kejauhan seperti lipatan gorden yang bergelombang.

Kapasitas Setelah melewati lobi utama, kita akan melihat secara utuh luasnya ruangan utama. Ruangan utama ini mampu menampung jamaah dengan kapasitas sekitar sekitar 9.000 jamaah.

Lantaran mengandalkan dan menyeleraskan keseimbangan alam, masjid ini tidak menggunakan pendingin secara berlebihan, lagi pula masjid ini sudah memiliki banyak kerangka angin yang kerangkanya berbentuk menyerupai daun jendela dan pintu.

Kerangka-kerangka tersebut tersebar di bagian atas dan bawah ruangan utama masjid yang berfungsi mengatur keluar masuk udara di luar dan di dalam masjid. Hanya ada pendingin elektrik model lama dengan kipas baling-baling itu juga digunakan jika perlu untuk mendorong udara yang ada di dalam keluar.

Di antara hiasan yang paling memiliki guna adalah adanya empat tiang. Empat tiang ini selain sebagai hiasan berfungsi meno pang kubah yang bertengger di atas masjid. Di antara tiang inilah kita bisa melihat keseluruhan besarnya lengkungan kubah yang dihiasi dengan ornamen awan.

(Republika/Shabestan/ABNS)

Ditulis Oleh : Unknown ~ Pada Selasa, 26 Januari 2016

Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel kami yang berjudul Masjid City Kinabalu Miliki Laguna Buatan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Anda dipersilakan copy paste berita ini dengan mencantumkan url sumber : http://abnsnews.blogspot.com/2016/01/masjid-city-kinabalu-miliki-laguna.html

Subscribe for latest Dunia Penuh Berita


0 komentar:

PROFIL ABNS